Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Martabak HAR Khas Palembang

Sebelum dijelaskan apa itu martabak HAR. Mari kita bahas dulu mengenai asal usul martabak HAR.

Konon ada saudagar dari India yang bernama Haji Abdul Rojak datang ke Palembang dan Haji Abdul Rojak pun menikahi wanita Palembang. Martabak ini asli India? Tidak. Martabak ini merupakan ciptaan dari Haji Abdul Rojak. Mengapa dinamakan martabak HAR? Diambil dari singkatan nama Haji Abdul Rojak yaitu HAR sehingga dinamakan martabak HAR.

Martabak HAR


Apa yang membedakan dari martabak biasanya?
Martabak pada umumnya. Kulit martabak diatasnya ditaruh cincangan daging yang sudah dijadi satu dengan daun bawang dan telur. Kalau martabak HAR sendiri cukup ditaruh 2 butir telur mentah diatas kulit martabak. Ada hal lagi yg membuat martabak ini sangat digemari yaitu kuah kari kambing. Martabak HAR sebagai kuahnya tidak menggunakan kuah martabak telur pada umumnya melainkan menggunakan kuah kari kambing lalu diberi sedikit cuka dan irisan cabe rawit.

Martabak HAR Palembang


Rumah makan martabak HAR pertama berdiri sejak 7 Juli 1947 di Jalan Sudirman Palembang hanya 8 menit dari BATIQA Hotel Palembang. Sampai saat ini rumah makan tersebut masih berdiri dengan tegak. Kini, rumah makan yang menjual martabak HAR tumbuh dimana-mana, ada yang masih dikelola oleh keluarga Haji Abdul Rozak, ada juga yang dikelola orang lain, terutama mereka yang pernah bekerja di martabak HAR. Haji Abdul Rozak sendiri sudah meninggal pada tahun 2001.

Haji Abdul Rozak

Rumah makan yang merupakan cabang resmi dari martabak HAR adalah rumah makan yang di dalamnya atau pada papan namanya terdapat foto Haji Abdul Rozak. Hingga saat ini, sudah terdapat beberapa rumah makan cabang martabak HAR di kota Palembang. Haji Abdul Rozak memiliki 8 anak dan semuanya menjual martabak HAR. Tetapi bila anda ingin mencoba mengunjungi rumah makan martabak HAR yang pertama, anda bisa mengunjungi “Toko Kopi HAR” yang berada di Jln. Jendral Sudirman dekat bundaran air mancur Palembang (depan Masjid Agung Palembang). Dan bila anda lebih suka suasana yang lebih modern dan gaul, ada juga “Martabak & Resto HAR” milik cucu H. Abdul rozak, yaitu H. Richard di Jl. Jendral Sudirman no. 2269.
Martabak HAR Khas Palembang Reviewed by Jd Lines on 13:02:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.