Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

5 Ciri khas motif batik Cirebon

Batik cirebon

Batik Cirebon merupakan salah satu sentra dari empat sentra industri batik di Jawa Barat. Cirebon merupakan sentra batik tertua yang memberikan pengaruh terhadap ragam pola batik di sentra-sentra industri batik lain di Jawa Barat.

Motif batik Cirebon yang paling terkenal dan menjadi icon Cirebon adalah motif Mega Mendung. Motif ini melambangkan awan pembawa hujan sebagai lambing kesuburan dan pemberi kehidupan. Sejarah motif ini berkaitan dengan sejarah kedatangan bangsa Cina di Cirebon, yaitu Sunan Gunung Jati yang menikah dengan wanita Tionghoa bernama Ong Tie. Motif ini memiliki gradasi warna yang sangat bagus dengan proses pewarnaan yang dilakukan sebanyak lebih dari tiga kali.

Selain motif mega Mendung yang menjadi icon Cirebon, ada juga motif Paksinaga Liman, Patran Keris, Singa Payung, Singa Barong, dan sebagainya. Ornamen batik Cirebon cukup bervariasi, karena selain dikembangkan oleh keluarga keraton dan masyarakat yang setia kepada sultan, masyarakat Cirebon juga memiliki karakter terbuka terhadap budaya asing. Ornamen yang dihasilkan misalnya ornamen Paksi Naga Liman yang memperoleh pengaruh dari Persis, Soko Cino dari Keramik Cina, dan Buraq dari Arab.

Secara garis besar, ornamen Batik Cirebon dapat digolongkan menjadi lima jenis, yaitu Wadasan, Geometris, Pangkaan, Byur, dan Semarangan. 

1.Wadasan

Wadasan Batik

Batik yang dihasilkan biasanya disebut batik Keraton, ditandai dengan ornamen-ornamen yang berasal dari Keraton Cirebon. Nama-nama untuk motifnya antara lain adalah Singa Payung, Naga Saba, Taman Arum, dan Mega Mendung.

2.Geometris

Batik Geometris

Kain yang didesain sebelumnya harus diberi garis-garis dengan bantuan penggaris. Misalnya adalah motif Tambal Sewu, Liris, Kawung, dan Lengko-lengko.

3.Pangkaan (Buketan)

Batik Pangkaan

Motif batik menampilkan lukisan pohon atau rangkaian bunga yang lengkap, sering dilengkapi burung atau kupu-kupu. Nama-nama untuk motifnya antara lain adalah Pring Sedapur, Kelapa Setundun, Soko Cina, dan Kembang Terompet.

4. Byur

Byur Batik

Motif batik ini ditandai dengan ornamen bunga dan dedaunan kecil yang mengelilingi ornamen pokok secara penuh, misalnya adalah Karang Jahe, Mawar Sepasang, Dara Tarung, dan Banyak Angrum.

5. Semarangan

Semarangan Batik

Motif ini menampilkan penataan ornamen yang sama atau motif ulang yang ditata agak renggang, misalnya adalah motif Piring Selampad dan Kembang Kantil.

Bila anda mau mencari batik asli di cirebon, jangan lupa mampir ke tempat wisata di cirebon dan jajanan menarik di cirebon. Karena banyak sekali keindahan dan wisata yang ditawarkan oleh kota cirebon. Untuk penginapan anda tidak perlu khawatir karena hotel di cirebon sangat banyak dan banyak sekali jenisnya. Selamat berlibur.
5 Ciri khas motif batik Cirebon Reviewed by JDLines on 14.19.00 Rating: 5

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks to Dr OSAGIE for helping me increase the size of my Penis. I have been married for a long time and due to my small Penis I was unable to satisfy my wife and that made us childless and my wife planned to leave me I was really disappointed with myself and I was also having weak erection I thought all my hope was gone not until I saw a testimony on how the same Dr OSAGIE helped someone increase his Penis size. I was desperate to do anything to regain my sex life back and I contacted him and he promise to help me so he gave me a herbal mixture which i was using and after three days I began to experience changes. I am writing this testimony not only because he has helped me increase the size of my Penis, I can now satisfy my wife and my wife is three months pregnant. All thanks to Dr OSAGIE if you are having a weak erection problem or small Penis size contact him with his email:drosagiesolutionhome5 @ gmail. com or whats app him +447451211379

Filter air Yamaha mengatakan...

Webiste nya bagus ya, isi nya juga ga sembarangan untuk konten nya. mantap lah..

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2023
Powered By JD

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.