Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

8 Jajanan khas Cirebon

Kota cirebon

Kota Cirebon mengalami banyak perubahan dari tahun ke tahun, mulai dari banyaknya tempat wisata yang disorot, pembangunan hotel di cirebon dan juga kehidupan ekonomi yang berkembang. Disini JDlines mencoba membahas jajanan khas di cirebon, supaya ketika anda kesana, anda sudah memastikan jajanan apa saja yang harus dibeli.

Berikut 8 jajanan khas Cirebon yang masih eksis ditemukan di berbagai sudat pasar maupun tempat perbelanjaan lainnya.

1. Growolan
growolan

Salah satu makanan ringan berwarna coklat yang terbuat dari gaplek yang dicampur dengan kelapa parut ini ternyata telah menjadi jajanan khas dari empat Keraton di Cirebon yang kemudian dijadikan makanan untuk masyarakat. Tak hanya itu, makanan ringan ini pun hingga saat ini masih eksis di kalangan masyarakat dan yang lebih mengejutkannya lagi jajanan ini menjadi favorit bagi masyarakat.

2. Ondal-andil
Ondal Andil

Makanan khas tradisional yang terbuat dari tepung tapioka ini pun ternyata masuk ke dalam salah satu daftar makanan tradisional yang masih eksis di kalangan masyarakat dan mampu bersaing dengan sejumlah jajanan modern yang kini banyak diburu oleh masyarakat.

3. Gadungan

Gadungan


Makanan ringan yang masih sama terbuat dengan singkong yang dicampur dengan kelapa, hingga saat ini masih diburu oleh para masyarakat, bahkan jajanan tradisional ini pun sekarang sering dijual secara keliling oleh para pedagang.

4. Gepu

gepu


Gepu berbahan utama singkong berbentuk bulat dengan isi oncom/dage di dalamnya, lalu digoreng dalam minyak panas hingga matang. Dimakan selagi hangat akan lebih nikmat. Gepu merupakan gorengan yang banyak dijual di pinggir jalan dengan memiliki penggemar yang sangat banyak. Itulah sebabnya banyak yang penasaran bagaimana cara membuat gepu enak sehingga tidak pernah bosan memakannya.

5. Misro
Misro

Misro adalah makanan khas dari Jawa Barat yang terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan gula merah kemudian digoreng, karena itulah dinamai Misro (Amis di jero/manis di dalam).

6. Rarauwan


Rarawuan makanan khas cirebon


Salah satu kuliner berbahan dasar tepung tapioka yang dicampur dengan sisiran kelapa dan kacang gendolo ini memiliki bentuk yang cukup besar, dan mempunyai rasa yang cukup unik untuk dicoba sehingga jajanan ini pun masih bisa bertahan di lingkungan masyarakat.

7. Apem

Apem

Kue apem adalah salah satu jenis kue jajanan pasar yang termasuk dalam golongan kue tradisional asli dari Indonesia. Kue ini memiliki rasa manis yang pas juga banyak digemari oleh semua orang terutama orang jawa. Kue apem terbuat dari campuran tepung beras, tape ketan atau ragi instant dan gula juga bahan pelengkap lainnya. Kue ini biasanya dibuat dengan cara dikukus dengan panci dandang yang sudah berisi air penas atau air mendidih. Untuk proses pembuatan kue basah ini memang memerlukan waktu yang cukup lama karena setelah pembuatan adonan kue ini tidak langsung dikukus tetapi didiamkan terlebih dahulu sampai mengembang untuk tahap fermentasi. Setelah itu baru adonan siap kukus.

8. Wajik Komplang
Wajik Komplang

Kuliner yang memiliki isi kismis keju dan kacang almon ini pun merupakan jajanan tradisional keraton yang kini masih tetap eksis di kalangan masyarakat, meski kuliner yang satu ini hanya dapat ditemui setiap malam jumat kliwon saja namun masyarakat pun hingga kini masih banyak yang berburu kuliner ini.

8 Jajanan khas Cirebon Reviewed by JDLines on 10.48.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2023
Powered By JD

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.