Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Tempat Wisata di Karawang - Setu Kamojing

Situ Kamojing

Kota Karawang akhir - akhir ini menunjukkan pembangunan infrastruktur yang cukup signifikan, selain sebagai tempat industri, karawang juga tidak melupakan aspek akomodasi seperti tempat tinggal, diantaranya hotel di karawang dan apartemen, banyak sekali bermunculan sehingga mulai diminati dari pengunjung luar karawang untuk berkunjung ke karawang. Karawang juga memiliki tempat kuliner yang tidak kalah enaknya dengan kota lainnya.

Tetapi disini JDlines mencoba mengamati tempat wisata yang terkenal di karawang yaitu Situ Kamojing, itu adalah tempat yang cukup eksotis yang berada di perbatasan kedua kabupaten ini. Terletak di Kecamatan Cikampek, Desa Kamojing, situ ini menawarkan pesona alam dan potensi wisata karawang yang menjanjikan. 

Situ Kamojing yang memiliki luas sekitar 5 hektar, di musim hujan seperti saat banjir yang lalu, air situ bahkan bisa meluber keatas jalan, namun di musim kemarau air situ sebaliknya bisa jadi kering dan saat itu sering juga dimanfaatkan warga setempat untuk dijadikan lahan bercocok tanam.

Jika dilihat dari stuktur dan infrastuktur yang ada, situ ini sangat biasa, bahkan belum menjadi tempat wisata karena itulah tidak ada pengelolaannya, apalagi tiket masuk. Namun, hal itulah yang menjadi kelebihan lainnya. Sifatnya yang alami, malah menarik khususnya muda-mudi untuk memadati tepian situ, dari mulai aktivitas olahraga, bercengkrama, hingga tempat berpacaran ria. Apalagi di sore hari, saat-saat menjelang matahari terbenam yang menawarkan pantulan sinar matahari yang maha indah di permukaan situ.

Setu Kamojing


Selain hamparan situ yang dapat dinikmati secara cuma-cuma, ditempat ini para pengunjung pun bisa menyantap jajanan yang dijajakan para pedagang disana yang belum begitu banyak. Salah satu yang menarik adalah sate maranggi daging sapi dan es kelapa muda. Jajanan murah meriah, namun begitu nikmat disantap ditepian situ terutama disore hari diiringi semilir angin yang bersahabat.

Menurut ketua RW setempat dan salah seorang pedagang yang juga warga asli sana, konon situ ini dikenal dihuni oleh Buaya Buntung. Sebuah mitos yang mengakar di masyarakat setempat yang kebenarannya tentunya tidak bisa dicerna dengan akal sehat. Namun, menjadi sebuah tanda bahwa di daerah ini memang hal-hal yang bersifat buhun dan bahkan mistis begitu kental. Tapi lagi-lagi hanya berdasarkan cerita lisan dari mulut ke mulut.

Setu kamojing


Kedalaman situ ini berkisar antara 14 hingga 10 meter. Sayangnya memang disana tidak ada keterangan tentang kedalaman ini. Alhasil, situ ini tiap tahunnya selalu menelan korban jiwa 1-2 orang, yang rata-rata adalah pelajar yang berenang sepulang sekolah di tepian situ. Korban yang disatu sisi diyakini berkaitan dengan Mitos Buaya Buntung, namun disisi lain secara akal sehat adalah hal yang wajar dikala situ ini memang memiliki kedalaman hingga 14 meter.

Khusus di malam minggu, waktu dimana muda-mudi baik dari Karawang maupun Purwakarta rata-rata membutuhkan tempat yang santai, keramain situ ini bisa sampai pukul 1 hingga pukul 2 dini hari. Sebuah tempat yang nyaman untuk bersantai, murah meriah dan tentunya memiliki pesona yang alami.

Tempat Wisata di Karawang - Setu Kamojing Reviewed by JDLines on 11.12.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2023
Powered By JD

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.