Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

4 Jajanan cemilan menarik di Pontianak

Pontianak selain dijuluki sebagai kota khatulistiwa, terkenal juga sebagai kota kuliner, salah satunya makanan jajanan yang dapat anda temui di kota pontianak.

Berikut ini JDlines informasikan 4 jenis jajanan yang harus dicoba, apabila berlibur ke pontianak:

1. Pisang goreng kremes
Pisang Goreng Kremes

Pisang goreng khas pontianak kremes-kremes gurih bikin menggoda selera. Pisang goreng memang makanan yang sudah akrab di masyarakat Indonesia, namun pisang goreng pontianak memiliki keunikan dengan adanya kremesan yang membungkusi pisang goreng tersebut sehingga terasa renyah jika dikunyah. Pisang goreng pontianak juga bisa dikombinasikan dengan berbagai macam rasa seperti rasa coklat, susu, pandan, durian, blueberry, strawberry, kacang, nangka, keju.

2. Pengkang
Pengkang dari pontianak

PENGKANG, kuliner khas dari Kalimantan Barat yang mirip seperti lemper, terbuat dari beras ketan dibentuk segitiga dan dibungkus daun pisang. Didalamnya ada ebi yang membuat aroma makanan ini menjadi lebih "merangsang". Cara memasaknya cukup unik, dua buah pengkang dijepit menggunakan kayu, kemudian dibakar di atas bara api. Rasa gurihnya membuat kita sulit untuk berhenti membuka lembar demi lembar daun pisang pelapis pengkang ini. Makanan ini bisa didapat di Pondok Pengkang, sekitar 30km dari Kota Pontianak, hanya sekitar 100m dari Pondok Grafitasi.

3. Burung Pinai
Burung Pinai

Burung Punai mirip burung merpati yang berwarna hijau dan berparuh kemerahan. Jenis burung yang suka hidup berkelompok tersebut diolah menjadi menu masakan disini. Tekstur dagingnya gurih. Burung liar ini masih dapat ditemukan disekitar Pontianak dan Mempawah. Mereka di tangkap dengan cara dijaring atau menggunakan perekat. Resto ini nyaris selalu ramai setiap harinya. Setiap pengunjung yang ingin ke Mempawah, Singkawang atau ke Entikong, wilayah perbatasan RI dengan Serawak, Malaysia Timur selalu mampir ke Pondok Pengkang. Disini mereka biasanya istirahat sambil menikmati pengkang atau pesan untuk dibawa. Restoran pontianak ini juga sudah buka sejak pukul tujuh pagi hingga tengah malam.

4. Chai kue
Chai Kue

Salah satu jajanan kesukaan saya saat di Pontianak adalah chai kue. Chai kue adalah makanan sejenis pangsit, mungkin mirip seperti gyoza, atau kuo tie. Chai kue sebenarnya sama saja dengan choi pan, yang membuat berbeda adalah bahasanya. Chai kue itu bahasa Tio Ciu, dan choi pan itu bahasa Hakka. Biasanya berbentuk setengah lingkaran, tapi ada juga yang berbentuk lingkaran. Kulitnya terbuat dari campuran tepung beras dan juga tepung tapioka dengan ketebalan yang cukup tipis. Isinya bermacam-macam, ada yang berisi bengkuang, kacang, atau daun kucai, yang sudah dicampur dengan ebi. Chai kue bisa dimasak dengan cara dikukus atau digoreng. Biasanya disajikan dengan bawang putih goreng yang dicincang kasar, dan dimakan dengan sambal biasa atau sambal ebi. 

4 Jajanan cemilan menarik di Pontianak Reviewed by Jd Lines on 09:45:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.