Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

5 Makanan Khas Pontianak

Bila anda berlibur sebuah kota, kurang rasanya bila belum mencicipi makanan ciri khas di sebuah kota tsb. Pastinya anda akan mencari makanan kuliner atau ciri khas dari daerah tsb. Berikut ini JDlines ingin informasikan beberapa makanan kuliner yang dapat anda cari di kota pontianak, berikut ini beberapa jenis makanannya:

1. Kwe cap ( kuay cap)
Kwe cap

Kwe Cap merupakan makanan yang berasal dari china tepatnya suku Tio Chew, makanan ini pun hanya dapat ditemukan apabila anda pergi ke kota chao chow atau shan tou China. Kwecap ini dapat ditemukan di daerah jalan gajah mada dekat dengan hotel transera pontianak, jalan setia budi dan juga di jalan Veteran. 

2. Sotong Pangkong
Sotong Pangkong

Makanan yang berasal dari cumi cumi ini dinikmati dengan cara dipanggang tetapi sebelumnya telah dikeringkan. Kemdian di pangkong atau artinya di pukul-pukul dalam bahasa Melayu, supaya dagingnya menjadi lebih empuk. Dan setelah di pangkong kemudian disajikan bersama dengan kuah sambal kacang atau asam pedas manis yang dapat menggugah selera. 

3. Bubur Pedas
Bubur Pedas

Bubur pedas ini merupakan bubur yang cukup terkenal di pontianak, namanya yang pedas bukan berarti bubur ini pedas, bubur ini dibuat dari beraneka macam sayur tradisional, dimulai dari Pakis yang diambil daun dan pucuknya, daun lengkuas, daun kencur, dan daun-daun rempah lainnya. Bubur yang berasal dari Sambas ini memiliki gizi yang dikandungnya luar biasa sangat banyak. 

4. Lek Tau Suan
Lek Tau Suan

Makanan yang banyak anda temukan di sepanjang Jalan Gajahmada, Pontianak ini merupakan makanan yang terbuat dari kacang hijau yang sudah dikupas kulitnya. Kuliner ini dinamakan Lek Tau Suan (bahasa Tionghoa dialek Tio Ciu ; yang jika diartikan kira-kira adalah Butiran Mutiara Kacang Hijau). Makanan ini disajikan dengan Gorengan Ca Kwee yang garing. Aromanya tentu harum pandan dan kacang hijau. Kuliner ini lebih nikmat apabila disajikan hangat dan cocok dinikmati di malam hari atau ketika cuaca hujan. 

5. Bakmi kepiting / yam mie
Bakmi kepiting / yam mie

Bagi anda pecinta kepiting, anda harus mencoba salah satu makanan yang diolah dengan bakmi. Bakmi kepiting pontianak sangat terkenal dan harus mencobanya, dari teksturnya yg lembut, kecil sampai rasa asin manis nya yg pas ditambah topping yg mewah seperti daging kepiting. Di pontianak terdapat dua nama tempat untuk mendapatkan bakmi enak ini, diantaranya bakmi owki dan bakmi juhuy.

Selamat berkuliner, semoga informasi ini dapat bermanfaat.
5 Makanan Khas Pontianak Reviewed by Jd Lines on 15:49:00 Rating: 5

1 comment:

Jeff said...

Wow! Such a Healthy post.

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.