Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

8 Candi Sekitar Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu candi yang terindah di dunia dan merupakan salah satu cagar budaya yang dilindungi. Kali ini JDlines ingin menginformasikan beberapa candi yang berada di sekitar Candi Prambanan yang tentu sangat indah untuk dikunjungi.

1. Candi Plaosan

Candi Plaosan

Letaknya kurang lebih 1km ke arah timur dari candi Sewu. Candi ini dibangun pada pertengahan abad 9 Masehi oleh Rakai Pikatan sebagai hadiah kepada permaisurinya. Kelompok candi Plaosan Lor (utara) terdiri atas 2 candi induk, 58 Perwara dan 126 buah stupa. Kelompok candi Plaosan Kidul (selatan) hanya berupa sebuah candi. Halaman candi induk terbagi  2 yang masing-masing diatasnya berdiri sebuah biara bertingkat dua. Tingkat atas untuk tempat tinggal para pendeta Budha dan tingkat bawah untuk kegiatan keagamaan.

2. Candi Sojiwan

Candi Sojiwan

Letak candi ini kurang lebih 2km kearah tenggara dari percandian Prambanan. Sebagian besar hanya berupa reruntuhan. Pada kaki candi terpahat relief cerita binatang yang mengandung nilai-nilai filsafat.

3. Candi Boko (Kraton Ratu Boko)

candi boko

Letaknya kurang lebih 3km ke arah selatan dari percandian Prambanan, berdiri diatas Bukit Kidul yang merupakan lanjutan dari pegunungan Seribu dengan pemandangan alam nan permai disekitarnya. Bangunan ini sangat unik, berbeda dengan bangunan sesamanya dan lebih mengesankan sebuah kraton (istana)

Diperkirakan Balaputra Dewa dari dinasti Syailendra yang beragama Budha mendirikannya pada pertengahan abad 9 Masehi sebagai benteng pertahanan strategis terhadap Rekai Pikatan. Menurut legenda disinilah letak istana Ratu Boko, ayah Loro Jongrang.

4. CANDI SARI

candi sari

"Sari" berarti "indah" atau "cantik" sesuai bentuknya yang ramping mungkin karena keindahan yang menarik perhatian ia dinamakan demikian. Puncak atapnya berhiaskan 9 stupa yang sama sebangun dan tersusun dalam 3 deret. Di bawah masing-masing stupa terdapat ruangan-ruangan bertingkat 2 yang digunakan sebagai tempat tinggal, tempt meditasi dan mengajar.

Arca-arca bodhisatwa terpahat pada dinding luarnya. Dining ini dihias dengan amat indahnya. Biara Budha yang dibangun pada kurang lebih abad 8 Masehi ini terletak pada sisi kiri Jalan Raya Yogya-Soio, masuk 1500 meter ke arah utara bangunan dengan panjang 17,32 meter dan lebar 10 meter ini merupakan sebagian saija dari kumpulan candi yang telah hilang.

5. CANDI BANYUNIBO

candi banyunibo

Candi In terletak kurang lebih 200 meter ke arah tenggara dari candi Boko, berdiri di atas sebuah lembah "Banyu" berarti "air". "Nibo" berarti "Jatuh Menetes Keduanya memiliki makna yang puitis bagi lingkungan masyarakat Jawa. Candi Budha ini didirikan pada abad 9 Masehi.

6. CANDI KALASAN

candi kalasan

Peninggalan agama Budha tertua di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa tengah adalah Candi Kalasan. Letak pada sisi sebelah kanan Jalan Raya Yogya-Solo km. 13 masuk beberapa puluh meter ke arah selatan. Candi ini didirikan oleh penangkaran, raja kedua dari kerajaan Mataram kuno pada abad 8 Masehi sebagai persembahan kepada Dewi tara.

Lengkung "Kala-makara" dengan hiasan kahyangan di atasnya terpahat di atas pintu masuk dengan begitu indahnya. Keindahan hiasan dan reiief-reliefnya disebabkan oleh penggunaan sejenis semen kuno "bajralepa". Candi ini dianggap permata kesenian Jawa Tengah.

7. CANDI SAMBISARI

candi sambisari

Letaknya kurang dari 5,5 km dari percandian Prambanan ke arah barat dan ‡ 2,5 km kearah utara dari jalan raya Yogya-Solo. Setelah terpendam selama berabad-abad karena letusan Gunung Merapi, pada bulan juli 1966 ditemukan kembali secara kebetulan oleh seorang petani yang tengah mengerjakan sawahnya. Pada tahun 1986 telah selesai dipugar. 

Keunikannya ia terletak 6,5 meter dibawah permukaan tanah dan tak mempunyai kaki candi yang sebenamya. Bangunan terdiri atas sebuah candi Induk dan 3 candi Perwara yang tidak bertubuh maupun berkaki. Pada sisi-sisi luar dining candi induknya terdapat relung-BERE dan kesuburan. Candi hindu ini diperkirakan mulai berdiri antara + 812-838 Masehi.

8. CANDI LUMBUNG, BUBRAH DAN SEWU

candi lumbung

Ketiga Candi Budha ini terletak di dalam komplek Taman Candi Prambanan. 800 meter ke arah utara Candi Roro Jonggrang terdapat sebuah candi Buddha yang di bangun oleh seorang raja Hindu yaitu Rakai Pikatan. Candi tersebut bernama Candi Sewu. Rakai Pikatan menikah dengan seorang putri yang beragama Buddha. Kompleks Candi Sew berisi 240 candi kecil-kecil yang dibangun

mengelilingi sebuah candi utama. Candi utama tersebut mempunyai bentuk polygon berdiameter 29 meter dan menjulang hingga ketinggian 30 meter.Semua struktur bangunan candi terbuat dari batu andesite. Konfigurasi sismetrikal bangunan merupakan simbol sebuah bentuk keharmonisan alam raya, sebuah tradisi yang dikuti oleh Kraton baik di Surakarta dan Yogyakarta. Semua bangunan di dalam kompleks candi berpagar batu, dan di pintu masuk di jaga oleh dwarapala, patung batu berukuruan besar dan bersenjatakan alat pemukul, bentuk patung batu penjaga berperut bear seperti ini juga terdapat di halaman bagian dalam Kraton Yogyakarta.

8 Candi Sekitar Candi Prambanan Reviewed by JDLines on 13.09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2023
Powered By JD

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.