Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Berasal darimana emas tugu monas itu?


Sebagai warga Jakarta, pasti pada tahu icon apa yang menjadi pengenal Jakarta, yaitu Monas. Monas merupakan singkatan dari Monumen Nasional yang terletak di Pusat Jakarta. Ada yang tahu darimana berasal Emas di Tugu Monas tersebut?

Di puncak Monumen Nasional terdapat cawan yang menopang nyala lampu perunggu yang beratnya mencapai 14,5 ton dan dilapisi emas 35 Kilogram. Lidah api atau obor ini berukuran tinggi 14 meter dan berdiameter 6 meter terdiri dari 77 bagian yang disatukan. Lidah api ini sebagai simbol semangat perjuangan rakyat Indonesia yang ingin meraih kemerdekaan. Awalnya nyala api perunggu ini dilapisi lembaran emas seberat 35 kilogram. Puncak tugu berupa "Api Nan Tak Kunjung Padam" yang bermakna agar Bangsa Indonesia senantiasa memiliki semangat yang menyala-nyala dalam berjuang dan tidak pernah surut atau padam sepanjang masa.

Tetapi sungguh disayangkan, daerah dimana Emas Tugu Monas berasal tersebut, yang dahulu dikenal sebagai daerah yang sangat teramat kaya kini menjadi daerah yang terisolir, yaitu Desa Lebong Tandai, Bengkulu.

Emas di Tugu Monas merupakan sumbangan dari pengusaha asal Aceh, yaitu Teuku Markam. Adapun emas tersebut diambil dari tambang yang disebut Lubang Kacamata karena pintu masuk tambang berupa dua lubang di tebing yang berdekatan. Lebong Tandai, pada masa penjajahan Belanda, merupakan lokasi yang dipenuhi emas. Aktivitas pertambangan di daerah itu dimulai sejak 1890 oleh perusahaan Mijnbouw Maatschappij Redjang Lebong dan Mijnbouw Maatschappij Simau. Kedua perusahaan itu merupakan penyumbang besar ekspor emas perak Hindia Belanda dengan produksi ratusan ton emas dan perak selama 1896-1941.

Saat ini satu-satunya jalur transportasi rusak akibat longsor dalam beberapa hari terakhir sehingga perjalanan menuju desa ini membutuhkan waktu tidak kurang dari sembilan jam. Enam jam dari Kota Bengkulu hingga Kecamatan Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara, dan tiga jam naik kereta lori berkapasitas delapan hingga sepuluh orang, dengan jarak tempuh menggunakan lori sekitar 37 kilometer. Berharap kenangan akan asal-usul emas di Tugu Monas membuat pemerintah tergerak dan akses ke Lebong Tandai diperbaiki.
Berasal darimana emas tugu monas itu? Reviewed by Unknown on 11.14.00 Rating: 5

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Admin yg terhormat,
Informasinya kurang akurat...
Lebong tandai betul penghasil emas tengku markam yg disumbangkan ke monas,
Namun lobang kacamata?? Itu beda tempat boss
Lebong tandai di kab. Bengkulu utara
Kalo lubang kacamata di kab. Lebong

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2023
Powered By JD

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.