Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Makanan dan Minuman yang baik dikonsumsi atau tidak saat berpuasa


Saat berpuasa, umat Islam memang diwajibkan untuk tidak makan mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Mengurangi makan saat berpuasa bukan berarti Anda harus mengurangi kualitas makanan. Saat berbuka, pastikan Anda mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan dalam sehari. 

Masalah kesehatan pada saat berpuasa ditimbulkan karena asupan makanan pada saat sahur dan berbuka yang salah atau berlebihan. agar lebih jelasnya, agar lebih jelasnya apa saja sih makanan dan minuman yang baik atau tidak dikonsumsi?

DO!

1. Telur
Telur

mengandung protein tinggi yang mampu memperpanjang rasa kenyang dan kandungan kolin didalamnya baik bagi kesehatan otak dan memori.

2. Sayur 

memperbanyak konsumsi sayuran berserat tinggi yang mamp memberikan efek kenyang lebih panjang, seperti : brokoli, kubis, bayam, wortel, jagung, kembang kol, dan timun.

3. Pisang
Merupakan salah satu yang bagus juga dikonsumsi saat berbuka puasa, karena pisang kaya akan karbohidrat yang tersusun dalam zat pati dan zat gula. Kedua zat ini sangat dibutuhkan tubuh untuk cepat menggantikan energi saat berbuka. Selain mengandung vitamin A yang baik bagi tubuh, pisang juga mengandung kalium dan natrium, serta mineral yang baik untuk relaksasi otot.

4. Madu asli 



Madu mengandung banyak phytochemical dan flavonoid yang bagus untuk meningkatkan kesehatan. Tak hanya itu, madu juga bisa menjadi sumber energi dan anti bakteri. Tes oRAC menunjukkan bahwa madu adalah makanan alami yang memiliki kandungan anti oksidan tertinggi di dunia. Mengonsumsi madu 1 - 2 sendok makan setiap hari saat berbuka dan sahur akan menjaga kebugaran Anda selama berpuasa.

5. Oat


Makanan tinggi serat yang baik dikonsumsi saat sahur karena dapat membantu mencegah sembelit dan sakit perut selama menjalankan puasa di siang hari.


DON’T!

Jangan meminum kopi dan teh, 

karena mengandung zat diuretic (zat yang membuat kencing terus) yang akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Hal yang selama ini dianggap salah, minum kopi bertujuan untuk menyegarkan badan, memang benar, namun itu paling lama bertahan 1-2 jam saja, setelah itu yang terjadi justru perut/lambung terasa pedih, karena asam lambung yang berlebihan.

Hindari Lemak & Rasa Pedas

Selama berpuasa, baik sahur dan berbuka hindari makanan yang mengandung lemak dan rasa pedas. Selain bisa meningkatkan kolesterol darah, makanan lemak dan pedas bisa mengganggu pencernaan. Untuk minuman, jangan dicampur dengan es. karena membuat organ pencernaan anda menjadi kaget.

Hindari makanan / jajanan yang digoreng saat berbuka puasa, lemak dalam makanan yang digoreng, mengikat oksigen, sehngga asupan oksigen ke otak menjadi berkurang, efeknya Anda lebih mudah mengantuk.

Semoga artikel ini membuat kita semangat untuk berpuasa sampai hari kemenangan tiba. Selamat berpuasa JDLines.
Makanan dan Minuman yang baik dikonsumsi atau tidak saat berpuasa Reviewed by jhan david sipahutar on 11:18:00 Rating: 5

1 comment:

RESEP MASAKAN ENAK said...

sangat manfaat untuk yang sedang puasa
terimakasih ilmunya

kunjungi juga Resep Masakan Indonesia

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.