Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Sejarah Pengertian Hotel

Sejarah Pengertian Hotel


Nama hotel sebetulnya tidak asing lagi di masyarakat, hotel di indonesia cukup banyak dan cepat berkembang. tetapi tahukah anda pengertian dan sejarah nama hotel sebenarnya?.

JDlines mencoba menjelaskan pengertian dari nama hotel dari sumber sumber yang sudah berpengalaman di dunia hotel, di bawah ini:

Pengertian Hotel Menurut Aan Surachlan Dimyati SH,  dalam bukunya berjudul Pengetahuan Dasar Perhotelan. Secara harafiah, kata hotel dahulunya berasal dari kata hospitium (bahasa Latin), artinya ruangan tamu yang berada dalam suatu monastery, yang kemudian kata hospitium di Perancis dipadukan dengan kata hospes, lalu menjadi hospice. Untuk beberapa lama kata hospice tidak mengalami perubahan. 

Dalam perkembangan selanjutnya setelah melalui proses pengertian dan analogi yang sangat lama, untuk membedakan antara Guest House dengan Mansion House (sebuah rumah besar), maka rumah besar tersebut disebut Hostel. Setelah beberapa lama rumah besar yang disewakan kepada masyarakat untuk menginap dan beristirahat sementara waktu disebut hostel, dan kata hostel ini terus-menerus digunakan orang, lambat-laun huruf “s” pada kata hostel tersebut menghilang atau dihilangkan orang, sehingga kemudian berubahlah kata hostel menjadi hotel, seperti apa yang kita kenal sekarang ini. 

Pengertian atau definisi hotel yang dikemukakan oleh instansi, lembaga, atau perorangan antara lain:

1. Dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan No. 241/H/1970. 
Hotel adalah perusahaan yang menyediakan jasa dalam bentuk penginapan (akomodasi), serta menyajikan hidangan dan fasilitas lainnya untuk umum yang memenuhi syarat comfort dan bertujuan komersil. 

2. Dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan No. PM.10/PW.301/Phb-77. 
Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersil, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan penginapan berikut makan dan minum. 

3. Menurut Dirjen Pariwisata – Depparpostel 
Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan, untuk menyediakan jasa penginapan , makan dan minum, serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial. 

4. Menurut AHMA (American Hotel & Motel Association)
Hotel adalah suatu tempat, di mana disediakan penginapan, makan dan minum, serta pelayanan lainnya, untuk disewakan bagi para tamu atau orang-orang yang tinggal untuk sementara waktu. 

5. Menurut Webster
Hotel adalah suatu bangunan atau suatu lembaga yang menyediakan kamar untuk menginap, makan dan minum, serta pelayanan yang lainnya untuk umum.


6. Menurut American Encyclopaedia
Hotel adalah suatu badan usaha yang menyediakan pelayanan penginapan, serta menyediakan sarana lainnya bagi kaum pelancong dan musafir. Bertitik tolak dari pengertian di atas, maka dapat dirumuskan suatu definisi hotel adalah sebagai berikut: “Hotel adalah sejenis akomodasi, yang menyediakan fasilitas dan pelayanan penginapan, makan dan minum, serta jasa-jasa lainnya untuk umum yang tinggal untuk sementara waktu, dan dikelola secara komersial.


Itulah pengertian hotel yang dapat JDlines sharekan, semoga dapat bermanfaat.
Sejarah Pengertian Hotel Reviewed by Jd Lines on 22:10:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.