Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

4 Tips Agar Mudik Tetap Sehat



Tips agar mudik tetap sehat

Lebaran sebentar lagi. Mudik bagai sebagian orang pun bak menjadi tradisi. Nah, kegiatan mudik ini bisa lebih aman dan menyenangkan bila fisik kita sehat.

Bila Anda harus berada di jalan untuk waktu lebih dari empat jam dengan kendaraan apapun, Anda dianjurkan untuk tetap bergerak, dan cukup minum air putih.

Berikut JDLines rangkum tips agar tetap bugar dan sehat selama perjalanan mudik :


1. Tetap bergerak


Tetap bergerak


Satu penelitian menemukan bahwa duduk selama lebih dari tiga jam sehari, bisa memangkas dua tahun usia Anda. Kebiasaan ini datang pada mereka pekerja kantor dan pengendara kendaraan bermotor.
Jika Anda harus mengemudi untuk jarak yang jauh, ahli kesehatan merekomendasikan untuk berhenti setidaknya setiap dua sampai empat jam untuk istirahat, atau pergi ke kamar mandi. Berjalan-jalan di sekitar tempat perhentian juga disarankan.

2. Tetap cukup minum air putih

Minum air putih


Bagi Anda yang harus mudik sebelum hari raya, agama memperbolehkan Anda tidak berpuasa selama melakukan perjalanan jauh. Memenuhi kebutuhan gizi, termasuk mineral dari air, memang sangat diperlukan saat perjalanan memakan waktu yang lama.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Physiology and Behavior menemukan bahwa, tidak minum cukup air saat mengemudi bisa sama berbahayanya dengan berkendara setelah mabuk alkohol. Para ahli juga mengamati bahwa pengendara yang hanya dehidrasi ringan membuat banyak kesalahan di belakang kemudi.

Membawa persediaan air atau membeli minuman yang cukup dalam kendaraan sangat disarankan. Memilih minuman berkafein atau soda dan mengonsumsi makanan secara berlebihan tidak dianjurkan.

3. Lindungi kulit Anda


Lindungi kulit anda


Sebuah penelitian terbaru di Journal of American Academy of Dermatology menemukan bahwa, hampir 53 persen dari kanker kulit di Amerika Serikat, terjadi pada sisi kiri tubuh yang terpapar sinar matahari selama duduk di kursi pengemudi.

Faktanya, jendela mobil, bis, atau kereta tidak bisa sepenuhnya melindungi Anda dari paparan sinar matahari yang mengandung sinar UVB dan UVA, dan meningkatkan risiko kanker. Selama perjalanan, pakailah produk pelindung sinar UV untuk kulit, setidaknya dengan SPF 30.

4. Jangan lupa tidur


Jangan lupa tidur


Tidur yang cukup selama berada di tengah perjalanan mudik sangat ditekankan, pasalnya mengantuk adalah alasan penyebab kecelakaan bagi para pengemudi. Namun, tak hanya itu, tidur juga perlu dilakukan untuk memastikan tubuh tetap bugar dan siap siaga dalam menghadapi kemungkinan terburuk di transportasi.

Membawa bantal Anda sendiri dan minyak esensial yang menenangkan untuk membantu tidur mungkin bisa membantu Anda. Pastikan juga Anda tidur siang sebelum giliran Anda untuk mengemudi datang.
4 Tips Agar Mudik Tetap Sehat Reviewed by Jd Lines on 16:18:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.