Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Pentingnya Air Putih Bagi Tubuh Kita

Pentingnya Air Putih Bagi Tubuh Kita

Disadari atau tidak, sebagian besar komposisi tubuh manusia terdiri dari 75% air. Itu berarti air menjadi unsur yang sangat penting bagi tubuh. Misalnya saja menurut penelitian, 75% dari otak, 82% dari darah, 75% dari jantung, 86% dari paru-paru dan 86% dari ginjal terdiri dari unsur air. Kekurangan air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang berakibat buruk pada kinerja organ-organ tubuh yang vital tersebut.



Air putih adalah cairan utama untuk memenuhi asupan cairan yang sangat dibutuhkan dan cocok untuk tubuh. Air putih juga diyakini dapat menyembuhkan serta menghambat penyakit masuk ke dalam tubuh. 

Bila anda kekurangan cairan tubuh, hindari untuk mengkonsumsi minuman isotonik, usahakan anda meminum air putih utamanya.

Jika tubuh kekurangan cairan, dalam jangka pendek manusia akan cepat lupa, sulit berkonsentrasi dan cepat lelah. Nah, kalau sudah begitu terbayang bukan betapa pentingnya air putih bagi tubuh kita? 

Eits, tapi jangan salah mengkonsumsi air putih ternyata juga tidak boleh berlebihan lho, karena dapat menghambat kerja ginjal dalam menyaring racun-racun dalam tubuh kita. 

Lebih lanjut, yuk intip beberapa manfaat air putih bagi tubuh kita yang sudah JDlines rangkum dari berbagai sumber :

1. Air Putih Untuk Perawatan Kecantikan
Air Putih Untuk Perawatan Kecantikan

Menurut penelitian dari para ahli kesehatan terkemuka dunia, dengan mengkonsumsi 8 gelas air putih sehari dan tentunya tetap menjaga kebersihan diri, diyakini dapat menambah kecantikan kulit dan wajah. Tindakan ini akan membuat kulit tetap lembab dan tidak kering. 

Psst..kulit yang kering akan menyebabkan kulit manusia cepat keriput lho! Jadi, agar kulit Anda tetap kencang dan lembab mulai sekarang rajin-rajinlah mengkonsumsi air putih.

2. Air Putih Untuk Mengurangi Obesitas/Diet

Air putih



Percaya atau tidak, air putih dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Setelah bangun sebelum makan, kiranya Anda dapat meminum air putih hangat. Hal ini dapat membuat Anda merasa kenyang. Lagi pula air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Jadi baik dikonsumsi kapan saja

3. Air Putih Untuk Kesehatan
Air putih untuk kesehatan

Setiap hari, tubuh kita perlu memproduksi sel darah yang baru, dengan mengkonsumsi 8-10 gelas air dalam sehari akan membantu tubuh dalam memproduksi darah dan merangsang produksi imun tubuh. Air minum yang dikonsumsi dapat memurnikan tubuh dan membuat usus besar bekerja lebih efektif. Jika usus bersih, sari makanan yang kita konsumsi setiap hari akan diserap dan diubah menjadi darah baru.

Dengan menerapkan metode terapi air putih, tubuh akan bekerja maksimal dan sel-sel dalam tubuh tetap dapat beregenerasi dengan baik. Namun demikian, meski telah melakukan terapi air ini dengan baik dan teratur, seringkali kita masih mengalami banyak problem penyakit. 

Untuk itu, selain rajin mengkonsumsi air putih kita juga perlu menjaga kesehatan tubuh. Mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna wajib di terapkan guna menjaga tubuh agar tetap sehat.

Setelah menelusuri manfaat dari air putih, ternyata ada juga dampak yang ditimbulkan jika kita terlalu berlebihan mengkonsumsi air putih. Apa sajakah itu? Yuk, kita simak penulusuran dari JDLines yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Volume Darah Meningkat
Volume darah meningkat


Jika kita mengkonsumsi air putih terlalu banyak, lebih dari yang dibutuhkan oleh tubuh akan mengakibatkan volume darah meningkat. Volume darah yang meningkat pada sistem pembuluh darah yang tertutup akan membuat kerja jantung dan pembuluh darah juga akan meningkat seiring dengan meningkatnya tekanan pada sistem pembuluh darah yang tertutup tersebut.

Jika jantung bekerja terlalu cepat akan menyebabkan kita mudah panik, sulit berkonsentrasi dan jantung berdebar kencang.

2. Ginjal Bekerja Lebih Cepat

Ginjal Bekerja Lebih Cepat



Jumlah air yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan kerja ginjal dari yang seharusnya. Ginjal merupakan organ penting dari tubuh manusia yang berfungsi untuk menyaring setiap cairan yang masuk ke dalam tubuh.

Berbeda dengan cara kerja sebuah pipa air, dimana semakin banyak air yang mengalir maka pipa tersebut akan semakin bersih. Namun pada ginjal, hal tersebut tidak berlaku, malah beban ginjal akan semakin meningkat dengan banyaknya air yang harus disaring melalui glomerulus. 

Glomerulus dapat rusak sebagai akibat dari menyaring banyaknya cairan yang tidak seharusnya diperlukan oleh tubuh, glomerulus bekerja ekstra keras karenanya. Sistem filtrasi di ginjal harus tetap mempertahankan jumlah air (di dalam tubuh) pada tingkat yang aman yang memang diperlukan oleh tubuh.
Kelebihan cairan sebagai akibat dari banyaknya konsumsi air harus dibuang dari tubuh. Akibatnya tubuh menjadi mudah lelah dan perut menjadi kembung.

3. Kadar Air Dalam Darah Meningkat
Air dalam darah

Akibat lain dari mengkonsumsi air putih secara berlebihan adalah dapat menyebabkan Hiponatremia, yaitu keadaan di mana kadar air dalam darah meningkat sehingga kandungan garam menjadi lebih encer. Akibatnya jumlah garam yang tersedia untuk jaringan tubuh menurun dan dapat menyebabkan masalah pada otak, jantung, dan fungsi otot. 

Nah, setelah kita menelusuri dampak positif dan negatif dari mengkonsumsi air putih ada baiknya kita tetap menjaga asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh kita. Karena walau bagaimanapun, kalau bukan diri kita sendiri yang menjaga tubuh kita, lalu siapa lagi ? 

Semoga tips-tips dari JDlines kali ini bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan tubuh masing-masing ya...
Pentingnya Air Putih Bagi Tubuh Kita Reviewed by Jd Lines on 11:35:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.