Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Minyak Kayu Putih ( Cajuput Oil )

Minyak kayu putih merupakan salah satu produk kehutanan yang telah dikenal luas oleh masyarakat. Minyak atsiri hasil destilasi atau penyulingan daun kayu putih (Melaleuca leucadendron) ini memiliki bau dan khasiat yang khas, sehingga banyak dipakai sebagai kelengkapan kasih sayang ibu terhadap anaknya, terutama ketika masih bayi. Minyak kayu putih digosokkan hampir di seluruh badan untuk memberikan kesegaran dan kehangatan pada si jabang bayi. Biasanya orang-orang menggunakan minyak kayu putih untuk menghangatkan badan, menghilangkan rasa masuk angin, menghilangkan rasa mual.

Minyak Kayu Putih


Tea Tree Oil yang tumbuh baik di Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara. untuk mendapatkan minyaknya, diambil dari daun-daun pohon Melaleuca, yang kulit kayunya berwarna putih dan berbulu halus. lalu dilakukan berbagai metode seperti penyulingan uap, irisan, eufleurasi ( ekstraksi dengan menggunakan lemak padat beku ). Penduduk asli Australia, Aborigin, menggunakan daun-daunnya untuk merawat luka teriris, terbakar, gigitan serangga, dan infeksi kulit. Tea Tree Oil ini merupakan antiseptik yang tangguh. Pada tahun 1949 secara resmi diperkenalkan oleh departemen Kesehatan Australia. Salah satu dari keistimewaan yang paling menarik adalah bahwa komposisi essential oilnya yang kompleks menjadikannya minyak serbaguna dan membuatnya dapat diterapkan pada artikel organik seperti nanah dan darah tanpa kehilangan aktivitas antimikrobialnya ( Altman, 1991 ).

Daun Kayu Putih


berikut khasiat-khasiat dari Minyak Kayu Putih :

  1. Untuk mengobati kulit berjerawat dan kulit berminyak. Untuk menangani jerawat secara langsung, minyak harus dicairkan antara 5 dan 15%, jika tidak, dapat dilakukan dengan menambahkan beberapa tetes pada air yang digunakan untuk membasuh.
  2. Untuk vaginitis direkomendasikan menggunakan 30 tetes dalam satu liter air dan basuh vagina.
  3. Jika luka infeksi atau kutu air, direkomendasikan dengan mengkompres dengan sepotong kain kanvas yang diberi 3 - 8 tetes minyak kayu putih dicampur dengan setengah liter air. Untuk herpes, sengatan serangga, dan jamur pada kaki, dapat digunakan tanpa dicairkan. dalam hal ini, digunakan sekedarnya pada area kecil, sedikitnya dua kali sehari pada area kulit atau kuku yang terinfeksi.
  4. Untuk sariawan atau bisul. Kumur dengan satu gelas air hangat yang mendidih dan dibubuhkan antara 5 - 10 tetes oil. Untuk kelainan pernafasan dapat dibubuhkan antara 5 - 15 tetes oil dalam mangkuk air panas dan dihirup uap panasnya antara 5 - 10 menit.
  5. Untuk rambut, dengan mengatur aktivitas kelenjar sebaceous (kelenjar yang ditemukan di bawah kulit, fungsinya untuk membantu melicinkan kulit) secara teratur (menghindari rambut terlalu berminyak dan rambut kering). Untuk melakukannya dapat membeli shampoo yang telah berisi oil tersebut atau dikombinasikan penggunaan setiap hari dengan beberapa tetes (2-4 tetes) essential oil dari tea tree. Sangat efektif melawan ketombe.
  6. Untuk masalah kutu pada binatang kesayangan Anda, dapat dilakukan dengan menyiapkan alkohol 96% didalam botol 80 ml, 5 ml essential oil dan 15 ml air suling. Oleskan pada binatang kesayangan Anda.
Minyak Kayu Putih ( Cajuput Oil ) Reviewed by Jd Lines on 12:22:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.