Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

5 Partai yang Akan Bersaing 2024 di Indonesia

Partai yang akan bersaing 2024 sudah memanaskan mesin serta mencari figur dalam pemilihan presiden. Terlebih gegap gempita demokrasi bukan hanya milik partai pemilik suara pada parlemen saja. Terdapat beberapa partai baru yang sudah mengantongi SK Pengesahan Badan Hukum yang berasal dari Kemenkumham.

pemilu


Partai yang Akan Bersaing 2024 pada Pemilu

Berikut ini beberapa partai yang akan bersaing di Pemilu 2024.


Partai Kebangkitan Nusantara

PKB

Partai pertama terdapat Partai Kebangkitan Nusantara. Pasalnya partai tersebut didirikan oleh mantan Ketua Umum Partai Demokrat yaitu Anas Urbaningrum pada tahun 2021. Terdapat sejumlah eks pengurus Demokrat serta aktivis HMI berada di dalamnya. Untuk ketua umumnya yaitu Gede Pasek Suardika yaitu loyalis Anas.


Partai Gelora ( Gelombang Rakyat Indonesia)

partai gelora

Selanjutnya terdapat Partai Gelora atau Gelombang Rakyat Indonesia. Tidak bisa dipungkiri bahwa organisasi tersebut merupakan pecahan dari Partai PKS. Banyak kader dari PKS yang pindah ke Partai Gelora. Jajaran elitnya antara lain Anis Matta yang menjadi ketua umumnya, wakil ketua umum ada Fahri Hamzah. Kemudian sekretaris jenderal yaitu Mahfudz Siddiq.


Partai Ummat

partai ummat

Sama seperti Partai Gelora, Partai Ummat merupakan organisasi yang terbentuk setelah adanya perselisihan pandangan antara Amien Rais yang menjadi salah satu pendiri serta pengurusnya. Kemudian Amien mendirikan Partai Ummat yang diketuai oleh Ridho Rahmat.


Partai Pelita

partai pelita

Didirikan oleh mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin. SK untuk partai tersebut baru didapatkan akhir bulan Februari tahun 2022.


Partai Rakyat Adil Makmur

Partai Rakyat Adil Makmur


Partai tersebut dipelopori oleh mantan aktivis 98, adalah Agus Jobo. Pada sebelumnya, Agus merupakan Ketua Umum dari Partai Rakyat Demokratik yang anti pada Presiden Soeharto di era Orde Baru.

Itulah beberapa partai yang akan bersaing 2024 pada pemilu nanti. Penetapan Partai Politik peserta Pemilu diwarnai dengan adanya catatan kritis dari masyarakat sipil. Beberapa analis menyebutkan bahwa kontestasi Pemilu 2024 akan lebih ketat, Nantinya para Partai akan bersaing untuk merebut ceruk pasar yang saling berdekatan. Irisan ideologi antar partai relatif berdekatan. Akan tetapi, bangsa ini tidak hanya memerlukan Parpol yang banyak. Melainkan Parpol yang sungguh-sungguh memiliki peran penyambung lidah rakyat serta memperjuangkan aspirasi rakyat.

5 Partai yang Akan Bersaing 2024 di Indonesia Reviewed by JDLines on 14.34.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2023
Powered By JD

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.