Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Cara Membuat Buku Resep Anda Sendiri


Pernahkah terpikirkan jika Anda dapat memiliki buku resep yang berisi resep makanan favorit Anda dan keluarga sendiri? Bagi Anda yang hobi memasak, memiliki buku kumpulan resep favorit tentu akan sangat berguna bagi Anda dan orang-orang terdekat. Rasanya keren jika Anda memiliki buku resep yang khusus Anda buat sendiri. Buku resep yang Anda buat sendiri juga dapat menjadi kado istimewa untuk sahabat atau keluarga. Membuat buku resep sendiri ternyata tidak sulit. Ikuti langkah-langkah cara membuat buku resep sendiri berikut ini.

 1.     Kumpulkan resep masakan

Tentukan resep masakan apa yang ingin Anda tampilkan di buku resep Anda. Saat ini mencari resep masakan sangat mudah dengan memanfaatkan Internet. Anda juga dapat menonton video tutorial memasak di YouTube sebagai inspirasi. Saat Anda melihat resep yang menarik di koran, majalah, atau di kemasan produk, jangan ragu-ragu untuk menggunting dan mengirimkan. Atau jika Anda ingin mengumpulkan resep tradisi keluarga, tanyakanlah resep tradisi kepada ibu atau anggota keluarga lainnya. Pastikan juga untuk menyertakan item memasak dan perlengkapan yang akan digunakan.

 2.     Pilihlah tema buku masakan Anda

Sebaiknya buku masakan Anda memiliki tema tertentu untuk memudahkan Anda dan pembaca menemukan resep yang tepat saat dibutuhkan. Tema yang dapat Anda gunakan misalnya “masakan berkuah”, “hidangan pencuci mulut”, “resep tradisional khas Jawa”, “resep masakan untuk lebaran”, dan sebagainya.

3.     Pilih resep sesuai tema

Setelah Anda memiliki kumpulan resep masakan dan tema buku resep yang akan Anda buat, kini saatnya memilih resep mana yang akan Anda masukkan ke dalam buku resep sesuai dengan tema buku resep Anda. Anda dapat memilih resep yang paling Anda sukai, resep favorit keluarga, atau resep masakan yang paling Anda kuasai. Jangan ragu untuk berdiskusi dengan keluarga saat memilih resep masakan yang akan tampil di buku resep.

4.     Rencanakan desain buku Anda

Anda perlu memiliki rencana atau gambaran seperti apa buku resep yang akan Anda buat. Apakah akan berbentuk halaman situs Internet atau soft file? Apakah akan Anda cetak? Jika dicetak apakah akan dijilid dengan sampul tipis atau tebal? Apakah akan memerlukan foto masakan dengan resolusi tinggi? Rencanakan hal ini dan pastikan untuk memilih desain yang cukup simpel dan mudah untuk dibuat dan diakses.

5.     Memasak resep yang Anda pilih

Tema, desain, dan resep masakan yang akan tampil di buku resep Anda sudah siap. Apa yang kurang? Anda perlu mencoba memasak resep tersebut. Mencoba resep yang telah Anda pilih untuk tampil di buku penting untuk membuktikan resep masakan yang telah Anda kumpulkan. Bisa jadi Anda perlu mencoba memasak lebih dari sekali untuk menemukan rasa yang benar-benar pas menurut Anda. Membuat buku resep Anda sendiri artinya Anda telah berhasil memasak semua menu yang ada di buku resep Anda.

6.     Foto masakan

Buku resep tak akan lengkap tanpa foto masakan yang mengundang selera. Anda perlu menyajikan masakan Anda semenarik mungkin dan memfoto masakan tersebut. Jika Anda memiliki kamera profesional, Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan hasil foto yang lebih bagus. Ambillah beberapa foto dari tiap masakan, dan pilih foto yang terbaik yang akan tampil di buku resep Anda. Perhatikan hal-hal yang akan membuat masakan Anda terlihat lebih menarik di foto. Misalnya dengan penggunaan latar belakang yang menarik dan pencahayaan yang tepat. Anda juga dapat mempercantik foto masakan Anda dengan melakukan pengeditan.

 7.     Menyusun buku resep Anda

Akhirnya langkah penting selanjutnya adalah menyusun buku resep Anda. Susunlah resep masakan yang telah diuji coba dan foto masakan yang menarik dalam sebuah buku. Anda dapat menyusun sesuai dengan desain yang Anda rencanakan. Bagi Anda yang ingin mencetak buku resep Anda, tentu Anda perlu menyusunnya dalam bentuk soft file terlebih dahulu. Kemudian Anda dapat mencetak buku Anda dengan printer sendiri atau jasa cetak digital dan menjilid buku resep Anda.

 

Ternyata membuat buku resep Anda sendiri cukup mudah dan menarik untuk dilakukan. Buku resep ini juga pasti akan banyak manfaatnya. Selain untuk mendokumentasikan hobi Anda, buku resep ini juga dapat Anda jual untuk tambahan pemasukan Anda. 


Cara Membuat Buku Resep Anda Sendiri Reviewed by JDLines on 07.32.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2023
Powered By JD

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.