Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

5 Tradisi Idul Adha di Indonesia yang Unik dan Menarik untuk Anda Ketahui

5 Tradisi Idul Adha di Indonesia pada berbagai daerah rupanya memang berbeda-beda dan memiliki keseruan tersendiri pula. Jadi, selain menyembelih hewan kurban, umat Islam juga akan menggelar sejumlah tradisi secara turun-temurun.


Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia sendiri memang menjadi negara yang memiliki populasi orang Muslim terbesar di dunia. Nah, dengan keberagaman yang ada setidaknya ada beberapa tradisi yang dilakukan tiap daerah pada hari raya Idul Adha.


Inilah 5 Tradisi Idul Adha di Indonesia yang Bisa Anda Ketahui


Bagi umat muslim, maka mereka memiliki dua hari raya penting yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Sama halnya seperti Idul Fitri, sebab Indonesia juga memiliki tradisi lain yaitu berupa Idul Adha yang cukup menarik.


Menyembelih hewan kurban memang menjadi kegiatan pokok ketika Idul Adha tiba. Bahkan ada beberapa masyarakat d Indonesia yang memiliki tradisi unik tersendiri yang harus dijaga dan dilestarikan. Apa saja itu?


Grebeg Gunungan, di Yogyakarta

Grebeg Gunungan


Tradisi di Yogyakarta ini adalah berupa susunan aneka buah-buahan yang tersusun sedemikian rupa. Biasanya tradisi ini akan berawal mula dari halaman Keraton Jogja, lalu Alun-alun Utara, sampai masjid Gede Kauman.


Apitan, di Semarang

apitan di semarang


Anda memiliki rencana untuk liburan ke Semarang saat Idul Adha? Sepertinya Anda wajib untuk mengikuti tradisi Apitan ini.


Jadi Apitan ini menjadi bentuk dari rasa syukur warga setempat kepada Tuhan atas rezeki yang mereka dapatkan. Isi dari acara ini yaitu pembacaaan doa dan arak-arakan hasil peternakan dan pertanian warga sekitar.


Meugang, di Aceh

Meugang


Tradisi Meugang ini asalnya dari kata Meugang yang merupakan tradisi tahunan yang sudah sangat familiar bagi masyarakat Aceh. Jadi awalnya tradisi ini lahir pada masa Kerajaan Aceh dan kala itu seorang Sultan Iskandar Muda memotong hewan dalam jumlah yang cukup besar.


Alhasil, tradisi ini pun mulai mengakar dan sering dilaksanakannya untuk menyambut hari-hari besar, termasuk Idul Adha ini.


Accera Kalompoang, di Gowa

Accera Kalompoang


Nah, tradisi Accera Kalompoang adalah sebuah ritual pencucian benda-benda peninggalan dari Kerajaan Gowa di Istana Balla Lompoa. Biasanya tradisi ini akan dilakukan selama dua hari berturut-turut jelang Idul Adha di rumah adat Balla Lompoa itu sendiri.


Mepe Kasur, di Banyuwangi

mepe kasur


Mepe kasur atau menjemur kasur ini sering dilakukan oleh masyarakat suku Osing desa Kemiren. Biasanya kasur yang akan dijemur ini berwarna merah dan hitam, merah artinya berani dan hitam artinya langgeng.


Namun sebelum penjemuran, maka akan diawali dengan menampilkan kesenian daerah seperti tari gandrung. Lalu akan dilanjutkan dengan cara menjemur kasur di depan rumah secara serentak.


Tradisi perayaan Idul Adha yang satu ini memang tergolong unik, namun ini sudah menjadi tradisi turun temurun di Banyuwangi. Nah dari 5 tradisi Idul Adha di Indonesia tersebut, kira-kira mana yang paling unik?

5 Tradisi Idul Adha di Indonesia yang Unik dan Menarik untuk Anda Ketahui Reviewed by JDLines on 16.21.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2023
Powered By JD

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.