Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Negara yang Terlibat dalam G20 dan Sejarah Singkatnya

Negara yang terlibat dalam G20 ada banyak, sudah ada banyak hubungan dengan berbagai Negara yang mengikutinya. Bahkan Indonesia menjadi salah satu Negara yang bergabung dengan forum kerjasama ini.

g20

Indonesia juga akan menjadi tuan rumah konferensi tingkat tinggi (KTT) G20, pada November 2022 yang ada diadakan di Bali. Anggota G20 adalah gabungan dari Negara maju dan Negara berkembang tingkat pendapatan menengah dan tinggi.

Berbagai Negara yang Terlibat Dalam G20

G20 adalah forum kerjasama multilateral yang didalamnya terdapat berbagai Negara maju, dan berkembang. G20 pertama kali dilakukan tahun 1999 untuk pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral.

KTT

Pertemuan pertama dilakukan guna membahas kebijakan untuk mencapai stabilitas ekonomi internasional. Form ini akan mencari solusi mengenai kondisi ekonomi secara global yang dikarenakan krisis pada 1997-1999.

Pertemuan melibatkan berbagai Negara mulai dari berpenghasilan menengah juga memiliki pengaruh bidang ekonomi sistemik, salah satunya Indonesia. Sembilan tahun kemudian, para pemimpin bertemu lagi di Amerika Serikat.

g20 bali


Pada saat itu, para pemimpin Negara mengkoordinasikan respons global mengenai dampak krisi keuangan yang terjadi di AS. Mulai dari itu, muncul kesepakatan untuk mengadakan pertemuan lanjutan.

Daftar Negara yang Tergabung Dalam G20

·               Indonesia

·               India

·               Inggris

·               Afrika Selatan

·               Amerika Serikat

·               Arab Saudi

·               Argentina

·               Australia

·               Italia

·               Brasil

·               Jepang

·               Jerman

·               Meksiko

·               Rusia

·               Kanada

·               China

·               Turki

·               Uni Eropa

Kepemimpinan dari forum ini tetap sama, karena memiliki konsep presidensi yang dipegang oleh satu Negara anggota selama satu tahun. Dengan begitu, selam seluruh anggotanya bisa menjadi pemimpin, dan bisa memuat berbagai persoalan mengenai krisis ekonomi dari berbagai Negara yang akan dikunjungi, termasuk Indonesia yang menjadi tuan rumah kali ini.

Berbagai Negara yang terlibat dalam G20, menjadi Negara yang banyak memberikan perubahan besar bagai berbagai Negara yang menjadi anggotanya. Dengan begitu, semua Negara maju akan tetap maju, dan Negara yang berkembang akan menjadi maju yang tidak akan kalah dengan yang lainnya. Jadi hadirnya G20 ini tentunya akan sangat berpengaruh di dunia.


Negara yang Terlibat dalam G20 dan Sejarah Singkatnya Reviewed by JDLines on 14.41.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2023
Powered By JD

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.