Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Waspadai Bipolar Disorder



Waspadai jika seseorang yang mudahnya berubah mood secara ekstrim bisa jadi orang tersebut mengalami Bipolar Disorder. Bipolar disorder mengacu pada suasana hati penderitanya yang dapat berganti secara tiba-tiba antara dua kutub (bipolar) yang berlawanan yaitu kebahagiaan (mania) dan kesedihan (depresi) yang ekstrim.

Ada empat jenis mood episode dalam Bipolar Disorder: mania, hypomania, depresi, dan episode campuran. Dalam kondisi mania, atau senang, penderita bipolar bisa kita kenali cirinya. Mereka biasanya gembira berlebihan, sensitif dan mudah marah, merasa dirinya penting, merasa kaya atau punya kemampuan lebih, aktif, penuh ide dan semangat, sering berpindah ide, boros, merasa kenal semua orang dan insomnia. Gejala ini timbul karena gejolak semangat dan antusias diri yang terlalu berlebihan.

Sedangkan episode depresi, sikap dan mood penderita berubah. Ciri umumnya suasana hati sedih, sering atau ingin menangis tanpa alasan jelas, tidak mood beraktivitas, tidak bertenaga, susah konsentrasi, putus asa, merasa bersalah dan tidak percaya diri. Pada masa ini, penderita dihantui keinginan bunuh diri karena merasa tidak berguna.

Tahap campuran, atau mixed state, mania dan depresi terjadi bersamaan. Akibatnya penderita paranoid, capek dan benci semua hal. Episode ini lebih berbahaya daripada tahap depresi. Saking terlalu cepat berganti mood dan disertai halusinasi serta delusi, penderita secara perlahan membenci dirinya.

Sementara berurusan dengan bipolar disorder tidak selalu mudah, anda harus dapat sukses mengelola bipolar disorder, Anda harus membuat pilihan cerdas. gaya hidup Anda dan kebiasaan sehari-hari memiliki dampak yang signifikan terhadap perasaan hati Anda.

1. Jauhkan stress.
Hindari stres tinggi dengan menjaga situasi keseimbangan antara pekerjaan dan hidup sehat, dan mencoba teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam.

2. Cari tau pendidikan tentang cara mengatasi gangguan.
Pelajari sebanyak yang Anda bisa tentang bipolar. Semakin banyak Anda tahu, semakin baik Anda akan berada dalam membantu pemulihan Anda sendiri.

3. Buatlah pilihan yang sehat.
Sehat tidur, makan, dan berolahraga kebiasaan dapat membantu menstabilkan suasana hati Anda. Menjaga jadwal tidur yang teratur sangat penting.

4. Monitor suasana hati Anda.
Melacak gejala Anda dan perhatikan tanda-tanda bahwa suasana hati Anda berayun di luar kendali sehingga Anda dapat menghentikan masalah sebelum dimulai.

5. Mencari dukungan.
Sangat penting untuk memiliki orang yang dapat Anda berpaling untuk meminta bantuan dan dorongan. Cobalah bergabung dengan kelompok pendukung atau berbicara dengan teman yang dipercaya.
Waspadai Bipolar Disorder Reviewed by jhan david sipahutar on 11:10:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.