Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

5 Tips untuk test wawancara bekerja

Tes wawancara

Seringkali disaat kita ingin melamar kerja, kita dihadapkan dengan dokumen dokumen yang harus disiapkan, diantaranya CV, Surat lamaran, Surat Ijasah, Surat Kelakuan Baik Dari Kepolisian, Surat Kesehatan Dari Rumah Sakit bahwa anda Bebas dari Narkoba, Sertifikat, KTP, Pas Photo dsb.
Setelah semua data lengkap kemungkinan HRD akan menghubungi anda untuk melakukan interview atau test wawancara, selain itu mungkin anda akan ditest secara verbal, apakah tes kemampuan dasar ataupun psikotes.

Nah disini JDlines mencoba untuk coba memberikan tips tes wawancara agar berhasil, karena sebagian besar tes wawancara ini merupakan tahap menentukan dimana si pelamar apakah diterima atau tidaknya. Karena tes wawancara ini adalah dimana calon atasan anda akan berbicara langsung dengan anda, maka  anda perlu mempersiapkan dengan baik.

Berikut 5 tips untuk tes wawancara:

1. Perhatikan penampilan anda

Sering kali kita cuek dengan penampilan kita, kadang lebih parahnya lagi kita berpakaian sesuai keinginan diri sendiri dimana di dalam perusahaan cukup tidak nyaman untuk dilihat. Untuk mengantisipasinya anda harus menggunakan pakaian yang formal dan tidak terlalu berlebihan, walaupun perusahaan tsb kadangkala memiliki peraturan untuk menggunakan pakaian yang tidak formal dalam sehari sehari bekerja. Bagaimanapun kita harus menunjukkan kepada mereka dengan penampilan yang formal, dan menunjukkan bahwa kita siap untuk bekerja di dalam perusahaan.

2. Penggunaan Minyak Wangi / Parfum yang sewajarnya

Kadangkala untuk membuat kita semakin percaya diri, sering kita tidak sadar dalam hal penggunaan parfum, sampai kita menyemprotnya mungkin setengah dari botol parfum anda. Sehingga wangi anda tercium sampai beberapa meter dan sangat menusuk. Anda harus mencegahnya karena belum tentu yang interview anda suka dengan wangi parfum anda. Oleh sebab itu anda harus lebih bijak lagi menggunakan parfum anda.

3. Cari pengetahuan mengenai perusahaan yang anda lamar

Pada saat wawancara anda dihadapkan dengan topik - topik pembicaraan seputar pekerjaan yang anda lamar, dan anda akan diberi waktu untuk menjelaskan apa yang anda ketahui tentang perusahaan, disinilah kesempatan anda untuk menjelaskan detil perusahaan, dan jangan lupa memberi pertanyaan yang anda belum ketahui kepada interviewer, karena dengan memberi pertanyaan, anda berarti sangat antusias untuk melamar di perusahaan itu.

4. Jangan terlalu banyak bicara

Seringkali kita mendapatkan pertanyaan yang dapat mengetes, apakah anda terlalu banyak bicara sedikit bekerja, atau sebaliknya. Bila anda mendapatkan pertanyaan yang memberi anda untuk bicara kelebihan anda, lebih baik anda bicara yang berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar. Karena bila terlalu berlebihan kadang menjadi tidak menarik dan membuat yang interview anda menjadi tidak nyaman.

5. Jangan pernah menundukkan kepala

Pada saat berhadapan dengan para interview, sering kita berhadapan dengan lebih dari satu orang, mungkin bisa dua sampai tiga orang, dari pihak HRD, pihak departemen yang terkait dengan posisi yang anda lamar dan divisi headnya. Sehingga untuk melihat para wajah yang interview anda tampak dalam persidangan dan sangat menakutkan, sehingga anda melakukan hal tak terduga yaitu menundukkan kepala anda. Hal ini sangat tidak diperbolehkan karena dapat merugikan diri sendiri. Karena para interview akan melihat anda, bahwa anda belum siap bekerja.

Itulah tips JDlines yang dapat anda implementasikan, semoga anda dapat diterima dipekerjaan yang anda inginkan. Salam sukses!

[post_ad]
5 Tips untuk test wawancara bekerja Reviewed by Jd Lines on 12:19:00 Rating: 5

1 comment:

andre cara said...

yang jelas si harus percaya diri dan penuh optimisme

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.