Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Gua Sunyaragi di Cirebon

Di Cirebon, jawa barat memiliki tempat - tempat yang bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Banyaknya wisatawan dari luar cirebon membuat Cirebon semakin fokus untuk mengembangkan wisata disini. Ditambah pembangunan tol Cipali yang dibangun tahun lalu menjadi alasan lain para wisatawan datang kesini. Akses jalan yang bagus merupakan hal yang penting untuk menuju ke sebuah tempat wisata.

Beberapa tempat wisata yang di cirebon yang cukup terkenal adalah tempat situs peninggalan sejarah dan purbakala  yaitu Gua Sunyaragi yang sangat menarik untuk dikaji. Berada di atas tanah milih Keraton Kasepuhan secara turun temurun. Gua yang merupakan kompleks bangunan kuno memiliki banyak bangunan berongga dan lorong - lorong berliku gelap menyerupai gua. 

Gua Sunyaragi


Gua Sunyaragi sebenarnya merupakan taman klangenan atau taman sari, dan fungsi utamanya untuk menyepi (Sunya berarti sunyi atau sepi, ragi berarti raga). Kompleks Gua Penteng terdiri dari beberapa gua, Gua Pengawal, Gua Pande Kemasan, Gua Simanyang, Bangsal Jinem, Gua Pawon, Gua Lawa, Gua Padang Ati, Gua Kelangenan dan Mande Beling.

Gua Sunyaragi di cirebon


Berdirinya Gua Sunyaragi diperkirakan pada sekitar tahun 1703 M. Walaupun telah mengalami pemugaran. tidak kurang dari 80% yang berdiri atas bangunan kuno, masih asli dalam keadaan utuh. Sisanya telah mengalami renovasi baik pada zaman Sultan Sepuh IX, pada zaman kolonial dan selama 8 periode sejak tahun 1997 - 1990.

Wisata di cirebon


Selain sebagai objek wisata sejarah, gua ini kerap dijadikan objek penilitian untuk karya ilmiah. Bentuknya yang menarik dan gaya arsitekturnya yang unik, membuat ikut  mengundang minat para ilmuwan untuk mengkajinya lebih dalam. Tentunya kita harus memelihara budaya dan bangunan yang telah ditinggalkan oleh masyarakat dulu, agar tetap terus dilestarikan dan menjadi kebanggaan untuk anak cucu kita.

Untuk kesini anda dapat melalui jalan tol Cipali, yang baru diresmikan pada tahun 2015. Dan di cirebon memiliki banyak hotel di cirebon, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk penginapan. Kuliner di cirebon pun cukup banyak untuk menggugah selera makan anda.
Gua Sunyaragi di Cirebon Reviewed by Jd Lines on 22:47:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.