Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Masjid Merah Panjunan di Cirebon

Kota Cirebon selain terkenal dengan kota batik, kota cirebon juga memiliki sejarah yang tidak dapat dilupakan terutama dalam penyebaran agama Islam di pulau jawa. Berikut ini JDlines ingin membahas Masjid Merah Panjunan yang merupakan masjid yang sangat tua yang didirikan pada tahun 1480 oleh Syarief Abdurrahman atau Pangeran Panjunan, seorang keturunan Arab yang memimpin sekelompok imigran dari Bahdad, dan kemudian menjadi murid Sunan Gunung Jati.

Masjid Merah Panjunan


Masjid Agung Cipta Rasa atau Merah Panjunan terletak di sebuah sudut jalan di Kampung Panjunan, kampung dimana terdapat banyak pengrajin keramik. Meskipun didirikan oleh seorang keturunan Arab, dan Kampung Panjunan adalah merupakan daerah permukiman warga keturunan Arab, namun pengaruh budaya Arab terlihat sangat sedikit pada arsitektur bangunan masjid ini.

Ruangan masjid merah panjunan


Masjid Panjunan ini semula bernama mushala Al-Athya, namun karena pagarnya yang terbuat dari bata merah menjadikan masjid ini lebih terkenal dengan sebutan Masjid merah Panjunan. Arsitektur masjid ini dipengaruhi oleh gaya Jawa dan Cina. Sekilas bangunan masjid ini tidak seperti masjid pada umumnya, karena memang bentuk bangunananya menyurapai kuil hindu. Beberapa keramik buatan China yang menempel pada dinding konon merupakan bagian dari hadiah ketika Sunan Gunung Jati menikah dengan Tan Hong Tien Nio.

Masjid merah cirebon


Masjid Sang Cipta Rasa memiliki keunikan tersendiri dengan adanya tradisi "Azan Pitu". Setiap hendak salat Jumat, 7 orang muazin akan mengumandangkan azan secara bersamaan. Tradisi ini di telah dilakukan sejak 500 tahun lalu. Konon tradisi 7 azan ini diwariskan oleh Sunan Kalijaga saat mengusir wabah penyakit melanda jemaah masjid di awal pendiriannya.

Keramik di cirebon


Masjid ini selalu ramai oleh para ziarah ketika malam Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon. Sebagian percaya akan berkah yang lebih jika melaksanakan ibadah di masjid wali ini. Anda tidak perlu khawatir untuk berwisata di cirebon, karena tempat penginapan seperti hotel di cirebon sudah cukup banyak dan memiliki harga terjangkau. Yuk ke cirebon.
Masjid Merah Panjunan di Cirebon Reviewed by Jd Lines on 22:29:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.