Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Mengenal Fenomenal Ikan Arwana

Ikan arwana merupakan ikan hias langka yang dilindungi. Ikan yang menyerupai ikan purba ini memiliki beberapa jenis. Selain di indonesia, arwana dapat ditemukan di negara negara lain, seperti di Asia, Australia dan juga Amerika Selatan.

Ikan Arwana


Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopteerygii
Ordo: Osteoglossiformes
Famili: Osteoglossidae
Genus: Scleropages
Spesies: S formosus

Arwana memiliki beberapa jenis, diantaranya arwana merah (Super Red), arwana emas (Golden), arwana hijau, arwana banjar, dan Arwana Jardini. Arwana yang paling populer adalah arwana merah atau biasa disebut dengan Super Red, karena kecantikan warnanya yang begitu indah dan dicap sebagai raja ikan hias air tawar.

Ikan Arwana Super Red

Arwana merah memiliki bentuk tubuh yang khas. Tubuhnya memanjang, ramping dan gemulai dengan gerakan renang yang anggun.Keindahan sisiknya yang memiliki guratan merah menyala menyerupai cincin di seluruh tubuhnya disukai pecinta ikan hias.

Habitat arwana merah di tepian sungai yang ditumbuhi pepohonnan yang berakar sampai dasar sungai dan daunnya rimbun. Lingkungan air gambut (black water) di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas dan Danau Sentarum dikenal sebagai habitat asli mereka.

Ikan Arwana


Mulut arwana menghadap ke atas dan memiliki sungut di kedua sisinya. Sungut tersebut sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsa. Ukuran mulutnya lebar dan rahangnya cukup kokoh, Gigi arwana berjumlah 15 - 17 buah.

Ikan Super Red


Arwana dapat hidup hingga setengah abad. Panjang arwana dewasa sangat bervariasi, antara 30-80cm. Arwana dalam akuarium mencapai 60cm. Sementara jika di alam bisa mencapai 90cm. Arwana yang berasal dari Amerika Selatan (arapaima gigas) dapat mencapai ukuran 270cm.

Ikan Arwana Golden


Arwana adalah ikan perenang atas (surface feeder). Sehingga apabila pelihara ikan ini anda harus menutup atas akuarium anda. Sekali loncat, serangga yang berada di ranting dengan ketinggian 1-2 meter dapat ditangkapnya.

Arwana termasuk ikan karnivora predator. Arwana makan serangga, ikan kecil, udang, bahkan kodok, kadal dan kelabang. Arwanajika sudah menyukai satu jenis makanan, mereka akan menolak makanan lainnya.

Arwana Red Banjar


Bagi budaya etnis Cina, arwana memiliki nilai khusus. Dalam etnis Cina dipercayai bahwa arwana adalah ikan pembawa keberuntungan. Mereka menamakan arwana dengan dragon fish (ikan naga).

Kecantikan warna ikan arwana, membuatnya banyak diburu para pecinta ikan hias. Harganya sangat mahal, anakannya yang 5cm dapat dihargai dari 3.5juta sampai belasan juta. Dan untuk yang dewasa bisa dari 8jutaan sampai ratusan juta, tergantung dari bentuk badan, mata, warna dan sebagainya. Arwana pun banyak dijual ke luar negeri, terutama ke Singapura, Taiwan, Jepang, Hong Kong dan Korea.

Ikan Arapaima


Di Indonesia perlindungan arwana diatur oleh pemerintah dalam perundang-undangan yang berlaku. Mulai tahun 1995, hanya arwana merah hasil penangkaran yang boleh diperdagangkan. Selain itu, arwana yang legal diperdagangkan adalah yang memiliki sertifikat atau akta kelahiran.

Berminat meliharanya?

Mengenal Fenomenal Ikan Arwana Reviewed by Jd Lines on 21:59:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.