Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Makanan Sate khas Lombok

Saat ini wisata kuliner merupakan wisata yang digemari oleh sebagian masyarakat. Disini Jdlines ingin membahas kuliner ketika berlibur ke lombok. Lombok selain terkenal pemandangan yang indah dengan pantai, ternyata Lombok memiliki beberapa kuliner yang cukup terkenal, salah satunya Sate. Identik dengan daging yang tusuk lalu dibakar di atas arang dan dimakan dengan menggunakan bumbu kacang atau dengan kecap yang sudah diiris - iris cabai. 

Lombok sendiri punya beberapa makanan khas, salah satunya sate. Lombok mempunyai 3 jenis sate, yaitu:

1. Sate Bulayak
 Sate Bulayak

Sate Bulayak adalah sate khas daerah Lombok. Bulayak sendiri semacam lontong yang dibungkus dengan daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral, sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. Satenya tidak terlalu beda dari sate-sate yang biasanya dari daging sapi, yang membedakan hanya sate Bulayak ini dilumuri dengan bumbu khas Sasak yang terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus bersama santan serta beberapa bumbu dapur lainnya sehingga rasanya mirip bumbu kari.

Untuk menikmati sate ini, cukup dengan membuka daun aren atau daun enau yang melilit Bulayak. Bulayak lalu dicelupkan ke bumbu khas Sasak. Pertemuan gurihnya Bulayak dan bumbu kacang yang pedas. Penjual sate Bulayak banyak ditemui di beberapa objek wisata seperti di Pura Lingsar, Taman Narmada dan Taman Suranadi.

2. Sate Rembiga
Sate Rembiga

Sate Rembiga terbuat dari bahan dasar daging sapi. Tetapi, saat memakannya seperti bukan rasa daging sapi. Rahasianya terdapat dari bumbu rempah yang melimpah sehingga membuat rasa daging pada sate Rembiga menghilang.Sate Rembiga memang tidak seperti sate Madura yang menggunakan bumbu kacang. Rasa sate ini manis pedas dengan tekstur daging yang sangat empuk, karena tekstur daging yang empuk itulah sate Rembiga juga menjadi salah satu sate keunggulan khas Lombok.

Nama sate Rembiga sendiri berasal dari daerah asal sate tersebut yaitu berasal dari sebuah desa di Lombok yakni desa Rembiga. Desa tersebut terletak di kota Mataram. Salah satu warung yang menjual sate Rembiga berada di Jalan Dakota No. 2. Satu porsi sate Rembiga berisi 15 tusuk yang dihargai 15.000 rupiah.

3. Sate Tanjung
Sate Tanjung

Sate Ikan Tanjung biasanya terbuat dari Ikan Cakalang atau Ikan Langoan, tergantung susah atau mudahnya dijumpai dipasaran. Namun selain itu juga digunakan Ikan Marlin. Jika wisatawan ingin menikmati sate Ikan Tanjung, tidak perlu khawatir untuk mendapatkannya. Biasanya para penjual sate Ikan Tanjung berjajar dipinggir jalan sekitar pasar Tanjung atau sekitar terminal Tanjung.

Mengenai harganya, harga per tusuk satenya hanya 500 rupiah dengan satu porsinya 10.000 rupiah. Para Penjual sate Ikan Tanjung biasanya menggelar dagangan mulai jam 14.00 hingga 21.00 waktu setempat. Sate Ikan Tanjung sangat nikmat jika masa dalam keadaan panas dan dimakan bersama dengan lontong atau nasi. Campuran rempah-rempah dan ikan yang dibakar ini membuat badan akan terasa bugar, hangat dan berkeringat. Maka tak mengherankan jika banyak wisatawan yang ketagihan untuk lagi dan lagi mencicipi sate Ikan Tanjung.

Untuk pilihan menginap anda tidak perlu bingung, hotel di lombok cukup banyak dan terdapat beberapa pilihan group hotel lokal ataupun luar negeri, seperti guest house, hotel bintang 3, privat villa ada di lombok. Selamat berlibur dan menikmati para sahabat.
Makanan Sate khas Lombok Reviewed by Jd Lines on 11:38:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.