Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Caving Goa Vertikal di Selatan Yogyakarta

Tempat wisata seputar Daerah Istimewa Yogyakarta yang saat ini juga tren yakni Goa Jomblang dan Goa Grubuk. Goa Jomblang dan Goa Grubuk berada di Selatan Kota Jogja. Tepatnya di Jetis Wetan, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta, berjarak 10 km dari kota Wonosari. Kedua goa ini sering dikunjungi para wisatawan untuk berburu foto maupun menguji adrenalin. Keduanya memiliki jarak yang berbeda antara ‘pintu masuk’ dengan dasarnya. Goa Jomblang sekitar 60 m sedangkan Grubuk 90 m.

Goa Vertikal di Selatan Yogyakarta


Untuk menuruni goa Jomblang tidak perlu repot membawa perlengkapan sendiri, dan juga tak perlu takut. Sebab segala perlengkapan keamanan, seperti tali temali, helm, sepatu boot sudah disediakan. Pengunjung tinggal pakai saja.

Saat sudah siap, nanti akan diarahkan menuju mulut tebing dan dipastikan aman. Ketika sudah turun, bukan sendiri, melainkan berdua dengan cara berdampingan. Perlahan lahan tali akan diulur dari atas sampai dasar goa.

Goa Jomblang

Setelah sampai dasar goa Jomblang, masih harus berjalan kira-kira 300 meter untuk mencapai goa Grubuk. Di sini harus sangat berhati-hati, sebab trek yang dilalui licin karena tanah dan juga berair. Memang ada bahan pijakan, tetapi tetap dipenuhi oleh tanah yang basah. Jadi lebih aman justru langsung berjalan di tanah. 

Selama menyusuri goa, keadaan terbilang gelap. Namun akan mendapat bantuan penerangan dari senter guide dan juga lampu tembak yang berada tepat ditengah lorong. Jika sudah melewati lampu tembak, siap-siap untuk terkesima oleh pemandangan goa Grubuk. Sebab terdapat pilar’pilar cahaya, batu besar yang berasal dari tetesan air, serta juga deru suara air sungai yang mengalir di dasar goa.

Goa jombang jogja


Kapan sih waktu yang pas datang ke goa Jomblang dan Grubuk?

Waktu yang pas adalah jam 9 sudah ada di mulut goa dan melakukan registrasi. sebab, pilar cahaya di goa Grubuk tersebut bisa dinikmati hanya jam 10.00-13.00. Lebih dari itu cahaya tak lagi bisa masuk.

Jika bisa turun jam 10 dan sampai akhir, maka pengunjung bisa eksplor lebuh lama dalam goa. “Lebih bagus lagi kalau cuaca cerah. Sinarnya jadi jelas banget,” ucap pengawas dan guide di goa Grubuk.

Disaat mau mengunjungi goa, pakaian apa saja yang pas?

Memang tidak ada patokan pakaian seperti apa jika ingin turun ke goa. Berdasarkan pengalaman, lebih pas jika menggunakan celana panjang sampai lutut atau betis. Sebab jika terlalu pendek, akan sakit pada seputar paha saat terikat taki pengaman. Sementara kalau pakai celana panjang, harus siap-siap kotor terkena tanah. Opsi lainnya, menggunakan celana panjang, tetapi memasukannya ke dalam sepatu boot. Ini cukup menolong, taki kaki menjadi sangat panas dan berkeringat. Sementara untuk pilihan kaos yang mampu menyerap keringan dengan baik

Terdapat fasilitas apa saja yang disediakan?

Terakhir harganya sendiri sekitar IDR 450,000 sudah termasuk guide, peralatan single rope, asuransi, dan makan siang. Pembayaran dilakukan secara tunai di lokasi.

Tersedia juga transportasi dari Yogyakarta berkapasitas 6 orang dengan biaya 500 ribu PP. Berangkat dari Yogya jam 07.30, tiba di goa Jomblang 09.30. Untuk sewa motir juga banyak dijumpai di daerah maliobori, tarifnya beragam 50-100ribu tergantung jenis motor dan disediakan juga penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam disekitar area goa Jomblang, dengan sekitar harga per kamar IDR 450,000 - 700,000.
Caving Goa Vertikal di Selatan Yogyakarta Reviewed by Jd Lines on 19:51:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.