Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Mengenal 4 kesenian di Cikarang

Cikarang yang kita kenal sebagai kota pusat industri dan juga mengalami perubahan yang signifikan dari tata kota mulai dari pembangunan rumah, mall dan hotel di cikarang, ternyata memiliki beberapa kesenian yang kita sering mainkan pada waktu kecil, berikut JDlines coba informasikan 4 kesenian yang terdapat di cikarang:

1. Engrang
Bermain Engrang

Engrang adalah permainan tradisional Indonesia yang belum diketahui secara pasti dari mana asalnya, tetapi dapat dijumpai di berbagai daerah dengan nama berbeda-beda seperti : sebagian wilayah Sumatera Barat dengan nama Tengkak-tengkak dari kata Tengkak (pincang), Ingkau yang dalam bahasa Bengkulu berarti sepatu bambu dan di Jawa Tengah dengan nama Jangkungan yang berasal dari nama burung berkaki panjang. Engrang sendiri berasal dari bahasa Lampung yang berarti terompah pancung yang terbuat dari bambu bulat panjang. Dalam bahasa Banjar di Kalimantan Selatan disebut batungkau. Egrang terbuat dari batang bambu dengan panjang kurang lebih 2,5 meter. Sekitar 50cm dari bawah, dibuat tempat berpijak kaki yang rata dengan lebar kurang lebih 20cm. Cara memainkannya adalah dengan berlomba berjalan menggunakan egrang tersebut dari satu sisi lapangan ke sisi lainnya. Orang yang paling cepat dan tidak terjatuh dialah pemenangnya.

2. Topeng Banjet

topeng banjet

Hasil penelitian, Topeng Banjet Bang Pendul memiliki peranan sebagai media upacara, hiburan dan tontonan sekaligus objek pelengkapan hasil kolektif masyarakat dengan segenap latar belakang kehidupannya. Topeng Banjet Bang Pendul masih memegang adapt kebiasaanya Kehadirannya dapat dijadikan sebagai pembawa berkah, menghindari malapetaka, bahkan sebagai media terapi. Topeng Banjet Bang Pendul berdasarkan fungsinya sebagai sarana upacara, sarana hiburan dan tontonan. Hal ini dapat dilakukan baik secara individual maupun komunal. Sistem pengelolaan Topeng Banjet Bang Pendul di Kecamatan Tempuran Karawang pada dasarnya mengacu pada tahapan manajemen pertunjukkan seni. Hal ini ditimbulkan dengan adanya tahapan pra penyelenggaraan, penyelengaraan dan kegiatan akhir penyelenggaraan Topeng Banjet Bang Pendul. Dalam hal ini Topeng Banjet Bang Pendul dapat dikatakan suatu proses kegiatan manajemen.

3. Wayang Golek
Wayang Golek

Seni Wayang Golek adalah bentuk pertunjukan boneka kayu dengan ukiran berkarakter Sunda. Pertunjukan ini biasanya dilakukan malam hari mulai pukul 22.00 hingga dini hari atau sekitar pukul 04.00, mengambil cerita dari evos Ramayana karya Valmiki atau Mahabrata karya Vyasa. Kesenian ini kerap dipergelarkan dalam rangka perayaan khitanan atau perkawinan. 

4. Tanjidor
tanjidor

Seni Tanjidor yang merupakan salah satu kesenian khas Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terancam punah, karena generasi muda kurang meminati kesenian tradisional itu, terlebih usia para pegiatnya terbilang tua. seni Tanjidor sudah ada di Karawang sejak tahun 1945 dan mengalami kejayaan atau populer pada tahun 1970-an. Kemudian, satu per satu grup seni Tanjidor di Karawang menghilang. Hingga kini, grup seni Tanjidor itu hanya satu grup, yakni di Rengasdengklok. 

Mengenal 4 kesenian di Cikarang Reviewed by JDLines on 15.02.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2023
Powered By JD

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.