Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Mengintip Budaya Suku Toraja


Rumah Toraja


Di bagian utara pulau Sulawesi Selatan, terdapat sebuah suku dengan populasi kurang lebih 1 juta jiwa bernama Suku Toraja. Kata Toraja berasal dari bahasa Bugis yaitu Tio Raja yang artinya orang yang berdiam di negeri atas, ini karena secara geografis masyarakat suku Toraja tinggal di daerah pegunungan. Bila anda berlibur ke makassar, pulau ini harus anda kunjungi karena merupakan tempat yang sangat unik dan memiliki tempat spot menarik untuk didokumentasikan, apabila anda suka untuk mengabadikan tempat tempat yang menarik melalui kamera anda.

Suku Toraja memiliki aneka kebudayaan yang unik, salah satunya yang paling terkenal dan hingga kini menjadi daya tarik wisata adalah ritual pemakamannya yang meriah. Ritual pemakaman di tanah Toraja merupakan peristiwa sosial yang sangat penting, maka selalu diikuti oleh ratusan orang dan dapat berlangsung selama berhari-hari. 

Suku Toraja


Upacara pemakaman di Toraja ditentukan dari kelas sosial sang empunya hajat, biasanya semakin tinggi status sosialnya semakin mahal dan lama pula pesta pemakamannya. Karena mahalnya biaya pemakaman, seseorang dapat dikubur berminggu-minggu, bulan bahkan bertahun-tahun setelah kematiannya agar keluarga dapat mengumpulkan uang terlebih dahulu untuk menggelar pemakaman yang layak. 

Masyarakat Toraja percaya bahwa kematian merupakan awal sebuah kehidupan yang baru menuju Puya atau dunia akhirat. Dalam masa penunngguan sebelum dikubur, mereka percaya bahwa arwah masih tinggal bersama mereka dan baru meninggalkan dunia ini setelah pemakaman selesai. Untuk mencapai Puya, arwah membutuhkan kendaraan yaitu kerbau dan babi maka pada saat pemakaman, keluarga yang ditinggalkan akan menyembelih puluhan bahkan ratusan ekor kerbau dan babi untuk sang arwah. 

Penasaran bagaimana prosesi pemakaman ini berlangsung? Anda bisa melihatnya secara langsung dengan datang ke Tana Toraja. Jangan khawatir untuk mencari penginapan, makassar memiliki hotel yang beragam dan banyak pilihan yang bisa mengkondisikan budget anda, salah satunya adalah Singgasana Hotel Makassar sebelum melanjutkan perjalanan ke Toraja. 

Deluxe room singgasa hotel makassar


Semoga informasi JDlines dapat bermanfaat, selamat berlibur ke makassar.
Mengintip Budaya Suku Toraja Reviewed by Jd Lines on 16:47:00 Rating: 5

1 comment:

Salman Bluepacker ID said...

Belum pernah ke tanatoraja dan pensaran sama upacara pemakamannya, semoga lain waktu bisa kesana :D

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.