Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Breakfasting atau Fast-Breaking?

Berbuka puasa

Pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, pastinya sahabat atau teman atau saudara selalu mengajak anda untuk berbuka puasa bersama atau bahasa yang cukup familiar yang biasa disebut yaitu bukber. Acara ini dilakukan untuk membuka silahturahmi dengan teman atau saudara yang sudah lama tidak pernah bertemu.

Biasanya kegiatan ini sangat wajib dilakukan dan sebagian masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan acara ini, karena hanya dapat dilakukan satu tahun sekali, selain bulan puasa cukup sulit untuk mengumpulkan para teman satu angkatan atau saudara yang terbentur dengan waktu dan pekerjaan masing masing.

Dengan bertemu di beberapa tempat yang menjadi pilihan di tempat tempat keramaian seperti  di restoran, hotel di jakarta. Dimana untuk saling menjaga silahturahmi dan menjaga tali persaudaraan dengan teman terdekat, dan undangan ataupun iklan-iklan utnuk berbuka puasa dalam bahasa inggris bertebaran dimana-mana.

Maksudnya ingin mengucapkan "Selamat Berbuka Puasa" dalam bahasa Inggris, namun jadinya malah salah. Pernahkah anda menyampaikan buka puasa dengan berbahasa inggris?

“Happy Breakfasting” atau “Happy Fast-breaking”

Lalu, mana yang benar, “Happy Breakfasting” atau “Happy Fast-breaking”?

Mungkin cukup unik dengan istilah kalimat yang sering diucapkan, sehingga sering terjadi salah kapra dan menjadi pembenaran untuk menyebutkan istilah - istilah kalimat yang dimana tentunya salah.

Jika dirunut dari berbagai sumber, maka mengucapkan Selamat Berbuka Puasa yang benar sesuai dengan kaidah bahasa Inggris adalah Fast-breaking bukan breakfasting. ‘Puasa’ dalam bahasa Inggris memang disebut ‘fast’, dan ‘berbuka puasa’ dikatakan dengan ‘break fast’.

Tetapi kalau istilah ini ingin kita jadikan kata benda (gerund) atau kata sifat dengan diberi akhiran ‘ing’, tentu bukan dengan menuliskannya menjadi ‘breakfasting’¹.

Sedangkan dalam bahasa Arab, berbuka puasa disebut Iftar:
Iftar (Arabic: إفطار‎ ifṭār  'breakfast') is the evening meal when Muslims end their daily Ramadan fast at sunset.²

Sehingga berbuka bersama biasanya disebut Iftar Party dalam bahasa Inggris. Mungkin bagi teman - teman masih terasa asing dengan istilah seperti ini. Namun tidak menjadi halangan untuk tetap mengucapkan salam berbuka puasa.


¹http://www.kompasiana.com/gustaafkusno/humor-bahasa-inggris-yang-aduhai_5520070881331198019dfca0
² https://en.wikipedia.org/wiki/Iftar
Breakfasting atau Fast-Breaking? Reviewed by JDLines on 11.42.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2023
Powered By JD

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.