Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

4 Akibat mengkonsumsi garam berlebih

Garam merupakan bumbu makanan yang tidak terlepas dari semua makanan. Apa rasanya kalau makanan tanpa garam? cukup hambar dan tidak memiliki rasa. Garam sendiri terkandung natrium klorida. Natrium klorida dibutuhkan oleh tubuh, dalam jumlah kecil, untuk mengatur kandungan air di dalamnya. Natrium tidak hanya dibutuhkan untuk membantu menjaga keseimbangan cairan dala tubuh, tetapi juga untuk membantu dalam transmisi impuls saraf ke otak, akan tetapi bukan berarti garam dikonsumsi secara berlebih. 

Garam Putih


Bila mengkonsumsi garam berlebih tentu akan menimbulkan beberapa penyakit yang dapat mematikan. Apa saja efek yang ditimbulkan akibat terlalu berlebih mengkonsumsi garam? berikut ini JDlines rangkum di bawah ini

1. Hipertensi
hipertensi

Terlalu banyak mengonsumsi garam, diketahui dapat meningkatkan tekanan darah. ginjal yang bertugas untuk mengolah garam akan menahan cairan lebih banyak daripada yang seharusnya di dalam tubuh. Jika banyak cairan yang tertahan menjadi beban ekstra yang dibawa oleh pembuluh darah inilah yang menyebabkan pembuluh darah bekerja ekstra yakni adanya peningkatan tekanan darah di dalam dinding pembuluh darah.

2. Penurunan Pepsin
pepsin



Pepsin merupakan enzim pencernaan, dan asupan garam yang berlebih menurunkan jumlah pepsin dalam tubuh. Hal ini dapat mempengaruhi sistem pencernaan, meningkatkan tingkat keasaman dan menyebabkan diare.

3. Stroke
Stroke

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang terkandung natrium dapat menyebabkan stroke. Untuk menjaga keseimbangan nutrisi, maka perlu mengonsumsi makanan olahan yang rendah natrium dan kalium.

4. Osteoporosis

Osteoporosis


Kelebihan garam mencegah penyerapan kalsium dalam tubuh, sehingga dapt menyebabkan terjadinya osteoporosis Badan Kesehatan Dunia (WHO), menyarankan asupan natrium setiap orang adalah sebanyak satu sendok teh atau sekitar 2,323 mg natrium atau 5 gram garam setiap harinya.

Sebuah studi menemukan bahwa pengurangan konsumsi garam sebanyak 3 gram/hari (1200 mg natrium) dapat menurunkan angka kejadian penyakit jantung sebanyak 6%, serangan jantungsebanyak 8%, dan kematian karena penyakit jantung sebanyak 3%.

Itulah 4 akibat terlalu banyak mengkonsumsi garam berlebih, semoga informasi ini dapat bermanfaat.
4 Akibat mengkonsumsi garam berlebih Reviewed by JDLines on 12.15.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2023
Powered By JD

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.