Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Cap Go Meh Singkawang

Singkawang terletak di Pontianak Kalimantan Barat. Kenapa Singkawang? Karena Singkawang merupakan pusat perayaan Cap go Meh, dari sanalah budaya tionghoa dan dayak berakulturasi sehingga membuat kota ini mendapat julukan ‘kota seribu kelenteng’. Cap Go Meh akan dilaksanakan 15 hari setelah Tahun baru Imlek, kaum Tionghoa di seluruh dunia merayakan Cap Go Meh sebagai penutupan dari rangkaian perayaan tahun baru. 

Singkawang Pontianak

Cap Go Meh (Hokkien: εδΊ”ζš) melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Istilah ini berasal dari dialek Hokkien dan secara harafiah berarti hari kelima belas dari bulan pertama (Cap = Sepuluh, Go = Lima, Meh = Malam). Ini berarti, masa perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung selama lima belas hari.

Perayaan ini dirayakan dengan jamuan besar dan berbagai kegiatan. Di Taiwan ia dirayakan sebagai Festival Lampion. Di Asia Tenggara ia dikenal sebagai hari Valentine Tionghoa, masa ketika wanita-wanita yang belum menikah berkumpul bersama dan melemparkan jeruk ke dalam laut - suatu adat yang berasal dari Penang, Malaysia.

Setiap tahunnya, tradisi Pawai Tatung dilakukan di tengah Pasar Tengah, Kota Singkawang. Jangan kaget ketika melihat tatung yang muncul dengan baju berdarah-darah serta wajah tertembus benda tajam. Konon, luka-luka mereka bisa sembuh dengan cepat. Namun tradisi Pawai Tatung tidak hanya dilakukan oleh kaum Tionghoa, namun juga ada yang berasal dari Suku Dayak sebagai bukti akulturasi dan hubungan harmonis di antara mereka. Para tatung pun bervariasi dari orang tua, pria dewasa, bahkan perempuan dan anak-anak yang menjadi tatung secara suka rela untuk mengikuti upacara.

Pawai Tatung

Hanya butuh beberapa jam dari Jakarta menuju Pontianak. Ramainya acara Cap Go Meh tersebut menarik para Agent Travel untuk membuat tour ke Singkawang dan daftar penginapan hotel di pontianak, salah satunya Dwidaya Travel. Dwidaya travel membuat tour ke Singkawang dengan perjalanan dimulai tanggal 20-21 Februari dan estimasi harga 4.999.000/orang. Dengan itinerary, tidak hanya menikmati festival Singkawang tetapi juga menikmati kota Pontianak dengan mengunjungi Vihara Vajra Bumi Kertayuga, Maha Vihara Buddha Maitreya, kuliner di pontianak, Museum Pontianak, Rumah Adat Dayak.
Cap Go Meh Singkawang Reviewed by Jd Lines on 12:35:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.