Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Beberapa tempat wisata pulau Komodo Flores

Pulau Komodo terletak di Flores, Nusa Tenggara, dan terkenal sebagai habitat asli komodo yang merupakan hewan prasejarah satu-satunya di Indonesia dan masih hidup hingga kini. Pulau ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang harus dijaga kelestariannya dan dilindungi pemerintah. Pulau Komodo pun masuk dalam situs warisan dunia UNESCO dan New 7 Wonders of Nature.

Pulau Komodo

Di pulau ini komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Saat ini terdapat sekitar 1.300 ekor komodo. Jumlah komodo yang hidup, jika ditotal dengan pulau lain sepertu Pulau Rinca, seluruhnya ada 2.500 ekor. Selain melihat komodo, di pulau ini kita juga bisa menikmati keindahan alam yang eksotis dan budaya masyarakat yang cukup kental.

Waktu ideal untuk menikmati Pulau Komodo adalah 5 hari; 2 hari untuk perjalanan dan 3 hari untuk menikmati keindahan Pulau Komodo. Untuk memasuki Kawasan taman Nasional Komodo, pengunjung wajib membayar biaya tiket masuk. Pembayaran tiket dilakukan di pos ranger yang berjarak sekitar 200 hingga 300 meter dari Pelabuhan Loh Liang. Berikut ini adalah objek-objek wisata yang bisa kita kunjungi:

Pulau Komodo
Pulau Komodo

Loh Liang adalah lokasi utama untuk melihat komodo di pulau ini. Di sini komodo sering terlihat di dasar sungai kering Bani Nggulung. Kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini adalah trekking, tentunya ditemani pemandu lokal. Ada tiga trek. 

Trek pendek menempuh waktu 45 menit tetapi kemungkinan melihat komodo sangat jarang. Trek yang ideal adalah trek menengah yang memakan waktu 1.5 jam. Ketika menempuh jalur ini, kita bisa melihat sarang komodo dan satwa liar lain seperti rusa dan burung liar. Dan, jika ada waktu dan berjiwa petualang, kita bisa menempuh trek panjang yang memakan waktu 3.5-5 jam. Dengan menempub trek panjang, kesempatan kita melihat banyak satwa liar dan komodo tentu lebih besar.

Pulau Rinca
Pulau Rinca

Loh Buaya adalah titik akses untuk melihat komodo di Pulau Rinca. Di sekitar kamp Loh Buaya, tempat tinggal para ranger, ada banyak komodo yang bergerak bebas di habitatnya. Komodo-komodo berkumpul di sini karena mencium bau makanan yang dimasak para ranger. Di pulau ini kita juga bisa melakukan trekking selama 1 jam menuju atas bukit.

Pink Beach
Pink Beach

Pink beach adalah pantai yang pasirnya berwarna merah muda. Konon, di seluruh dunia hanya ada beberapa tempat yang berpasir seperti ini. Warna merah muda pasir berasal dari pecahan koral-koral dari dalam laut yang bercampur dengan pasir. Ketika berada di sini, kita harus sedikit waspada karena meski letaknya jauh dari habitat komodo, sesekali komodo juga ada di sini. Biasanya Pink beach dijadikan tempat snorkling oleh para turis karena keindahan pemandangan dasar lautnya. 

Pulau Kalong
Pulau Kalong

Keseluruhan pulau ini ditumbuhi tanaman rawa dan menjadi sarang kelelawar besar. Pemandangan sunset di Pulau Kalong sangat indah. Saat itu langit pemandangan didominasi oleh puluhan ribu kelelawar yang keluar dari sarang dan terbang untuk mencari makan. Fenomena alam menarik ini jangan sampai terlewatkan.

Beberapa tempat wisata pulau Komodo Flores Reviewed by Jd Lines on 16:52:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.