Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Berwisata ke Gunung Padang, Cianjur Jawa Barat

Dari kejauhan, Gunung Padang terlihat seperti bukit biasa. Dikelilingi kampung dan perkebunan teh, bukit tersebut sebenarnya adalah sebuah punden berundak yang diduga berasal dari jaman Megalitikum dan berusia lebih tua dari piramida di Mesir. 

Gunung Padang
“Batu batunya berbentuj kolom karena proses alam. Tes karbon untuk menentukan usia batuan dilakukan di Miami, Amerika Serikat. Hasilnya diperkirakan dari jaman 12 ribu sebelum Masehi,” papar Nanang, guide dan kordinator juru pelihara Gunung padang.

Sunrise di antara 5 gunung

meski masih mengundang kontroversi di kalangan peneliti, Gunung Padang memiliki segudang daya tarik. Bahkan sejak jauh sebelum memasuki kawasan wisata alam dan sejarah yang dikelilingi 5 gunung tersebut. Kalau cuaca ceraj, Anda bisa menikmati sunrise dikelilingi 5 gunung.

Berwisata ke gunung padang
Gunung Padang bukan sumber kebudayaan Sunda, tapi merupakan salah satu pusat budayanya dan penuh makna simbolik. Situs ini merupakan punden berundak 5 tingkat, dikelilingi 5 gunung. Yaitu gunung Pasir Malang, Pasir Bogor, Kencana, Gede dan Pangrango,” Papar kang Nanag.

Gunung padang jawa barat

Jalur ‘pendakian’ ke Gunung Padang merupakan rute imoian pencinta touring. Untuk jalurnya sendiri, keluar pusat kota Cianjur, jalan menyusut jadi 2 jalur sempit. Aspalnya tak terlalu mulus, di beberapa bagian mesti melewati dengan sangat hati hati. Tapi pemandangannya luar biasa. Jalan sempit di atas awan, di pinggiran lereng dengan bukit-bukit berselimut kabut di kejauhan sampai hamparan kebun teh dengan jalan-jalan kecil berkelok di antaranya.

Rute cantik ke Gunung Padang memang bakal memuaskan pencinta touring, baik dengan mobil atau motor. Tapi cara paling mudah untuk mencapai Gunung Padang justru dengan kereta Jakarta-Bogor-Cianjur, turun di stasiun Lampengan dan dilanjutkan dengan ojek sejauh 8 km.

Gunung padang
Stasiun Lampengan sendiri dengan terowongannya yang iconic bukan sembarangan stasiun. Stasiun di desa Cibeber, kecamatan Cibokor, Cianjur ini mulai beroperasi pada tahun 1882 dan kini telah menjadi cagar budaya. Terowongannya merupakan salah satu terowongan yang pertama dibangun di Jawa Barat pada 1879.

Menanti kereta di stasiun kecil yang asri ini rasanya sangat sentimental. Udara dingin, bunyi peluti kereta yang terdengar nyaring sejak berada dari balik bukit mengantar lokomotif keluar dari mulut terowongannya. Perjalanan ke masa lalu yang luar biasa.

Berwisata ke Gunung Padang, Cianjur Jawa Barat Reviewed by JDLines on 20.26.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2023
Powered By JD

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.