Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Sebuah kebun raksasa dan berusia tua berdiam di tengah Kota Bogor. Jaraknya sekira 60 km dari selatan Jakarta atau hanya satu jam berkendara dari rimba beton Ibu Kota. Lokasi persisnya ada di Jalan Ir. H. Juanda No. 13 Bogor, Jawa Barat. Kebun Raya Bogor memang istimewa bagi Bogor yang dulu dikenal sebagai "Buitenzorg" atau "Bebas Perawatan". 

Kebun Raya Bogor Peta


Sebuah kota dengan curah hujan tinggi sepanjang tahun dan iklim yang lebih dingin dibandingkan Jakarta tentunya. Kebun Raya Bogor berada di lahan seluas 87 hektar menawarkan untuk Anda keberadaan dari 400 jenis pohon palem, 5.000 pohon dari seluruh negara tropis, dan rumah anggrek dengan 3.000 varietas. 

Kebun Raya Bogor



Bayangkan dengan jumlah seperti itu membuat Kebun Raya Bogor sebagai pelabuhan untuk 3.504 jenis tumbuhan dalam 1.273 genus dan 199 species. Kebun raya ini hasil inisiasi oleh Sir Thomas Stamford Raffles tahun 1811-1816. Raffles saat menjabat Gubernur Jenderal Hindia Belanda mendatangkan tanaman dari Kebun Raya Gardens Kew di Inggris kemudian ditanam dikebun ini. Raffles pertama kali hanya membuat kebun berukuran kecil untuk mengingatkan pada istrinya. 

Raffles Statue


Taman ini buka setiap hari bagi pengunjung. Terdapat jalan setapak beraspal untuk berjalan-jalan di waktu luang sambil mengagumi pohon-pohon berusia tua atau berjalan di bawah dedaunan dan mendengarkan aliran arus sungai yang deras di atas batu-batu besar. Salah satu daya tarik utama Kebun Raya Bogor adalah bunga bangkai (Amorphophalus titanum) karena saat-saat mendekati mekar akan mengeluarkan bau bangkai yang menyengat. 

Bunga Bangke Kebun Raya Bogor

Bunga ini dapat mencapai tinggi 2m dan merupakan bunga majemuk terbesar di dunia tumbuhan. Kebun Raya Bogor memiliki beberapa cabang yaitu di Jawa, Sumatera dan Bali, dan yang paling indah adalah Taman Cibodas yang terletak didekat gunung Gede di Cipanas. Taman ini sangat sempurna sebagai tempat untuk treking. Di sanalah para peneliti menghasilkan kina dan kopi Jawa yang terkenal di dunia.

Untuk anda dari luar kota, tidak perlu khawatir untuk penginapan, karena daerah kebun raya bogor memiliki tempat penginapan yang banyak, contohnya hotel di bogor, yaitu the Mirah Bogor, hotel yang hanya 5 menit dari kebun raya bogor ini dapat dijadikan tempat rekomendasi buat anda atau kerabat anda. Selamat berlibur
Kebun Raya Bogor Reviewed by Jd Lines on 11:53:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.