Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Misteri menuju puncak sejati, Gunung Raung di jawa timur

Gunung yang memiliki ketinggian 3344 Mdpl ini memiliki 4 puncak, yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi dan Puncak Sejati.

Puncak gunung Raung memiliki kaldera berbentuk elips dengan kedalaman kurang lebih 500 meter. Selalu berasap dan menyemburkan api larva, terdapat kerucut setinggi 100 meter. Gunung paling timur yang ada di Pulau Jawa menjadikan Puncak Sejatu sebagai titik tertinggi, dengan pemandangan yang menakjubkan mempertontonkan keindahannya alam Indonesia.

Gunung Raung Jawa Timur


Dari Jakarta sebagai tujuan awal ke Yogyakarta di sambung dengan kereta tujuan Banyuwangi, stasiun Kali Baru. Gunung Raung adalah salah satu gunung yang tidak begitu banyak di jelajah. Mengingat kondisi medan yang cukup sulit harus menggunakan alat safety.

Desa Wonokromo, Situbondo Jawa Timur merupakan desa untuk memulai perjakanan menuju pos 1 menggunakan ojek gunung, begitu sapaan orang-orang sekitar. Untuk menuju pos 1 memakan waktu 45 menit.

Gunung Raung di jawa timur

Pendakian gunung Raung via Kalibaru pada peta menunjukkan terdapat 4 pos dan 9 camp. Untuk di camp 2, camp ini cukup luas dengan dikelilingi pepohonan rimbun sehingga terlindung dari tiupan angin. Untuk camp 3, lahannya sama seperti camp 2, udara yang segar hempasan angin yang bertiup menjadi sejuk mewarnai perjalanan. Lalu lanjut ke camp 4, di camp 4 tidak ada yang spesifik. dilanjuti ke camp 5, camp 5 memiliki trek terbilang sangat curam dan menguras tenaga. Lalu lanjut sampai dengan camp 9.

Gunung Raung di Jawa Timur

Setiap pendakian tentu memiliki pengetahuan dan pengalaman baru. Apapun gunung yang dituju jangan pernah lalai mempersiapkab semuanga dan jangan pernah meremehkan gunung tersebut. Mental dan fisik sangat berpengaruh setiap pendakian bary yang meleeati jalur Kalibaru.

Transportasi apa yang digunakan untuk mencapai gunung Raung?

Jika anda berasal dari jakarta. Anda bisa menggunakan kereta api Bengawan, Jakarta - Yogyakarta seharga IDR 80,000, dilanjutkan dengan Sri Tanjung Yogyakarta - Kalibaru IDR 100,000, lalu naik ojek menuju basecamp IDR 35,000 atau sewa mobul IDR 300,000. Ojek Gunung dari basecamp sampai pos 1 IDR 30,000 waktu perjalanan 45 menit, jika memang ingin berjalan kaki waktu tempuh sekitar 3-4jam.

Gunung Raung

Fasilitas yang disediakan

Di daerah gunung raung memiliki penginapan yang cukup banyak, mulai hotel di jawa timur, motel maupun homestay salah satunya tempat penginapan Homestay Pak soeti biaya sewa seikhlasnha. Disediakan juga alat panjat. untuk biaya tergantung alat yang akan disewa. Porter barang IDR 200,000/hari, porter air IDR 700,000/30liter air bersih. Untuk biaya retribusi memang belum ada tarif resmi, untuk perijinannya cukup berbelit, harus melampirkan surat kesehatan, tembusan dari kecamatan bid. kehutanan, koramil dan polsek setempat.

Misteri menuju puncak sejati, Gunung Raung di jawa timur Reviewed by Jd Lines on 11:25:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.