Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Ubek-Ubek Wisata Waduk Sermo

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan budaya Jawa yang sangat kental. Tapi dibalik itu semua juga tersimpan wisata alam, contohnya air terjun sri gethuk, kebun buah dan hutan pinus mangunan, caving goa dan yang akan JDlines ingin bahas kali ini adalah Waduk Sermo. 

Wisata Waduk Sermo

Waduk Sermo yang terletak di Kulon Progo. Disini bisa menginap di hotel jogja, villa ataupun home stay sambil berkegiatan menarik. Artinya tak hanya waduk saja, namun bisa juga dolan ke Grojogan Kembang Soka dan Taman air Mundal. Ohiya, jangan lupa juga untuk mampir ke Kali Biru.

Kembang Soka untuk yang gemar tracking

Waduk Sermo

Lokasi ini tidak terlalu jauh. Sekitar kurang lebih 10 km dari kota Wates dan berada pada ketinggian 582 meter diatas permukaan laut. Otomatis jalan ke sana berkelok-kelok menanjak. Diperlukan waktu sekitar 1 jam untuk sampai lokasi dari kota Wates dengan kendaraan bermotor roda 2.

Disana hanya secara sukarela untuk membayar biaya parkir. Walau bersahabat, jangan tanya view yang diperoleh. Jelas sangat bersahabat dengan mata dan tidak murahan. Disana terdapat beberapa mata air dengan grojogan (air terjun) dalam satu lokasi yang saling bertemu. Diantaranya Kembang Soka, Kali Miri, ada pula mata air Jaran yang jernih dan bisa langsung diminum airnya.

Taman air Mundal, ada 12 kolam air

Taman air Mundal

Jangan dilewatkan mampir ke Taman air Mundal yang lokasinya tak jauh dari Kembang Soka. View yang didapat adalah taman air alam. Disana ada 12 kolam air alam dengan berbagai kedalaman yang berbeda, antara 1-2 meter lengkap dengan aliran air yang tidak berhenti.

Arus aliran air itu berasal dari tempat yang lebih tinggi, yakni sebuah gua. Terlihat air mengalir deras dari mulut gua tersebut dan menyembur keluar. Tidak perlu heran jika akhirnya dinamai Mundal. Aliran air itu mengalir terus kebawah melewati 12 kolam air. Ada pula yang mengalir mirip air terjun.

Kali Biru, sarana bernarsis ria

Kali biru

Satu lagi nih lokasi wisata yang tak jauh dari waduk Sermo, yakni Kali Biru. Lokasi rujukab wisata ini paling populer dibanding tempat wisata yang sebelumnya. 

Walau lokasinya berada di ketinggian, tempat tersebut ramau dikunjungi oleh anak muda. Mereka datang ramai-ramai untuk kongkow dan bernarsis ria disana. Pastinya untuk mereka yang tidak takut ketinggian.

Waduk Sermo

Biaya tiket masuk hanya IDR 5,000 saja. Wisatawan bjsa berfoto ria sembari naik ke rumah pohon. Namun jangan salah untuk naik keatas rumah pohon itu, harus rela mengantri dan mesti merogoh kocek lagi sebesar IDR 10,000. Jangan sedih apabila tidak ada orang untuk memotret momen anda disana. Sudah tersedia jasa yang membantu mendokumentasikan. Syaratnya cukup membayar IDR 5,000 dan membawa flashdisk.

Ubek-Ubek Wisata Waduk Sermo Reviewed by Jd Lines on 18:52:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.