Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Jalan jalan ke kota Padang

Sumatera Barat layak masuk dalam daftar tempat yang harus dikunjungi. Di negeri yang banyak menelurkan pahlawan intelektual ini, berjejer panorama alam yang indah, lekuk liku kontur bumi yang menakjubkan dan juga danau nan permai.

Sumatra Barat

Begitu juga dengan masakan dari daerah ini populer di seluruh Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara. Meski di daerah lainnya di Indonesia ada banyak warung atau restoran Padang, tetapi rasa masakan di daerah asalnya lebih berbumbu. Harganya juga sedikit lebih mahal dari daerah-daerah lain, misalnya Jakarta.

Masakan Padang


Menu padang yang terkenal adalah gulai, rendang, ayam pop, terung balado, gulai itik cabai hijau, nasi kapau, sate Padang, dan kerupuak sanjai. Pusat kuliner di kota ini adalah Simpang Kinol, yang berarti perempatan jalan du tengah kota. Sebagian besar makanan, seperti sate, soto, dan makanan khas lain rasanya enak. Di sekitar sini juga terdapat warung es durian Nan Lamo, yang wajib dicicipi. Warung ini khusus menyajikan es durian dan es tebak, yang merupakan kuliner asli Sumatera Barat.

Gulai Itiak Lado Mudo

Jika ke Bukit Tinggi, mampirlah ke restoran gulai Itiak Lado Muda yang berlokasi di objek wisata Ngarai Sianok. Warung ini menyediakan menu bebek cabai hijau dan aneka masakan bebek. 

Untuk objek wisatanya sangat beragam dari pantai, hutan, festival, museum. berikut beberapa penjelasan mengenai objek wisata yang ada di Padang, Sumatera Barat.

Museum Adityawarman
Museum Adityawarman

Museum ini mengkhususkan diri pada sejarah dan budaya Minangkabau dengan gaya arsitektur bangunan berbentuk rumah adat Minangkabau. Di halaman depannya terdapay lumbung padi. Museum yang beralamat di Jl. Diponegoro 10, Padang, buka pukul 08.00 dengan tiket sebesar IDR 2000. Untuk mencapai tempat ini, dari Bandara Ketaping Padang, kita bisa menggunakan angkutan umum yang melayani rute Bandara Ketaping-kota Padang.

Pelabuhan Muaro
Pelabuhan Muaro

Di sini ada banyak bangunan peninggalan Belanda. Beberapa di antaranya ditetapkan pemerintah sebagai cagar budaya. Salah satunya adalah Masjid Muhamadan yang bertarikh 1843. Di masjid ini terdapat sebuah jembatan bernama Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan ini menghubungkan tempat ini dengan sebuah bukit yang dinamakan bukit Siti Nurbaya. Konon, bukit itu terdapat makam Siti Nurbaya.

Batu Malin Kundang
Batu Malin Kundang

Di Pelabuhan Teluk Bayur terdapat kawasab wisata seperti Pantai Air Manis, tempat batu Malin Kundang berdiri. Jarak objek wisata ini dari kota Padang sekitar 10 hingga 13 km menuju Pelabuhan Muaro. Sayangnya, tidak ada transportasi umum menuju tempat ini.

Tiket masuk objek wisata ini Rp. 15.000 per mobil ini. Sayangnya, batu Malin Kundang sudah mulai rusak. Beberapa perbaikan malah membuay batu tersebut tampak tidak alami. Jika terus ke selatan dari pusat kota, kita akan menjumpai kawasan wisata Pantai, seperti Pantai Caroline dan Pantai Bungus.

Bukit Langkisau
 Bukit Langkisau

Bukit ini terletak di kota Painan, 80 km dari kota Padang. Untuk menuju tempat ini, kita sebaiknya menggunakan mobil karena sarana transportasi umum sangat jarang dan tidak ada yang mencapai tempat ini.

Pemandangan Bukit Langkisau adalah salah satu yang terbaik di Sumatera Barat. Dari atas bukit, di sebelah utara, terlihat jelas jalan lintas Padang - Painan. Di sebelah selatan, terlihat kota Painan yang dihimpit oleh hamparan bukit. Dan, sebelah barat, terlihat Samudra Hindia. Jadi, jika ingin melihat pemandangan yang mengesankan, datanglah pada sore hari untuk menikmati indahnya sunset. Untuk berwisata tidak dipungut biaya apapun.

Danau Singkarak
Danau Singkarak

Danau ini membentang di dua kabupaten, yaitu Solok dan Tanah Datar. Danau seluas 107,8 km2 ini merupakan danau terluas kedua di Sumatra. Di sinilah habitat ikan bilih yang diperkirakan hanya hidup di danau ini. Jadi, jangan lupa membeli ikan bilih sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke sini. Tidak ada tiket masuk untuk berwisata di danau ini.

Jalan jalan ke kota Padang Reviewed by Jd Lines on 18:57:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by JDlines.com © 2014 - 2016
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.